Subscribe via RSS Feed

Halal Bi Halal 1438H Keluarga Besar YPI Klaten dan Unwidha

Filed in Berita, featured, Universitas by on July 5, 2017 • views: 156

Tradisi Halal Bi Halal pada Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal bagi masyarakat Indonesia merupakan wadah untuk dapat saling bersilaturrahmi serta jadi wadah untuk saling bermaaf- maafan.

Tradisi tersebut juga dilaksanakan oleh berbagai institusi yang ada disekitar kita, begitu juga keluarga  besar  Yayasan Pendidikan Indonesia Klaten (YPI) dan Universitas Widya Dharma Klaten mengadakan acara halal bi halal pada hari selasa,  4 Juli 2017 yang berlangsung di gedung auditorium FKIP Universitas Widya Dharma Klaten (Undiwidha).  Acara Halal bi halal dimualai pada pukul 11.00 WIB dan dibuka dengan bacaan ayat suci Al-Qur’an menambah hikmat suasana.

Dalam acara halal bi halal ini juga di isi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Drs. H. Syamsuddin Asrofi, M. Hum., saat ini beliau menjabat sebagai ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, menyampaikan  dalam ceramahnya jadilah anda sebagai perekat sesuai dengan posisi masing-masing, yang digambarkan jadilah paku-paku perekat, bahwa paku itu beragam ada paku dudur, paku reng, dan paku usuk, kalau  anda posisi seperti paku-paku itu hendaklah anda menempatkan diri ditempatnya agar dapat bermanfaat dan berguna. Sebagai illustrasi kalau anda sebagai orang besar yang menempati posisi anda adalah paku usuk, maka janganlah memaku reng karna akan memecahkan reng tersebut, dan sebaliknya jika posisi anda sebagai paku reng maka janganlah memaku usuk karna itu tidak akan menguatkan dan jadi sia-sia. Hikmah yang dapat dipetik dari ceramah tersebut adalah jadilah orang yang bijak dalam menjalankan sesuatu dan meletakan sesuatu itu sesuai pada tempatnya supaya bisa bermafaat.

Setelah ceramah agama selesai acara halal bi halal tersebut dilanjutkan dengan acara berjabat tangan sebagai ungkapan rasa saling memafkan satu sama lain. Pada acara ini juga disuguhkan hiburan dengan lantunan nada-nada islami.

Tags:

Comments are closed.