Subscribe via RSS Feed

Pembayaran dan Biaya Pendidikan

Pembayaran Biaya Pendidikan

Prosedur pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan biaya pendidikan lainya diatur sebagai berikut.

  1. Pembayaran SPP dilakukan secara langsung di loket keuangan atau di bank yang ditunjuk Unwidha Klaten. Pembayaraan ini dilakukan bersama-sama dengan pembayaran herregisterasi dan DTPP semester yang bersangkutan. Pada saat pembayaran, mahasiswa akan menerima KRS.
  2. Mahasiswa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing akademik untuk menentukan beban studi yang akan ditempuh, penentuan beban studi didasarkan pada prestasi yang dicapai pada semester sebelumnya. Bagi mahasiswa semester I mengambil beban studi sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan pada semester I. Mahasiswa jalur konversi menempuh mata kuliah yang harus ditempuh berdasarkan konversi hasil studi.
  3. Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah ditanda tanggani dosen PA, dimintakan pengesahan oleh mahasiswa yang bersangkutan di Biro Akademik. Satu lembar KRS (warna putih) diserahkan ke Biro Akademik (Bagian Pengolahan Data), satu lembar (warna putih) diserahkan ke Kasi Program Studi, dan satu lembar (warna hijau) digunakan untuk daftar hadir perkuliahan mahasiswa. Dosen Pembimbing Akademik mengingatkan agar mahasiswa menyerahkan KRS warna putih ke Biro Akademik (Bagian Pengolahan Data) tepat waktu yakni masih dalam masa herregistrasi. Bagi mahasiswa yang terlambat menyerahkan KRS di Biro Akademik (Bagian Pengolahan Data) akan dikenakan denda.
  4. Mahasiswa yang akan menambah dan atau mengurangi beban studi dilayani pada masa menambah dan atau mengurangi beban studi di Biro Akademik (Bagian Pengolahan Data) dan selanjutnya dikonsultasikan kepada dosen Pembimbing Akademik. Setiap dosen PA hendaknya mengijinkan mahasiswa mengambil beban studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Blangko untuk menambah dan atau mengurangi beban studi yang telah ditanda tangani dosen Pembimbing Akademik, dimintakan pengesahan oleh mahasiswa yang bersangkutan di Biro Akademik. Blangko untuk menambah dan atau mengurangi beban studi ini 1 (satu) lembar diserahkan ke Biro Akademik (Bagian Pengolahan Data), 1 (satu) lembar diserahkan ke dosen Pembimbing Akademik, dan 1 (satu) lembar di simpan oleh mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa membetulkan KRS warna hijau yang digunakan untuk daftar hadir perkuliahan dan diparaf dosen PA.
  6. Untuk pembayaran SPP tahap II, mahasiswa mengambil blangko pembayaran SPP di loket keuangan atau bank yang ditunjuk Unwidha Klaten rangkap 2 (dua). Blangko pelunasan SPP ini 1 (satu) lembar untuk arsip di Bagian Keuangan dan 1 (satu) lembar disimpan oleh mahasiswa.
  7. Pembayaraan SPP bagi mahasiswa di atas semester VIII minimal setara 6 (enam) sks.
  8. Pembayaraan SPP dan pengumpulan KRS harus diserahkan tepat waktu. Keterlambatan pembayaraan SPP dan pengumpulan KRS dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Biaya Pendidikan

Komponen biaya pendidikan di Universitas Widya Dharma Klaten terdiri dari :

  1. Pendaftaran, dibayarkan sekali saat seorang calon mahasiswa mendaftar.
  2. Dana Pangkal, dibayarkan sekali saat mahasiswa diterima.
  3. Koperasi, KTM, Jaket. Dibayarkan sekali saat mahasiswa diterima.
  4. OSPEK. Dibayarkan sekali saat mahasiswa diterima
  5. Registrasi. Dibayarkan setiap semester saat mahasiswa mendaftar ulang.
  6. Uang Kuliah. Dibayarkan tiap semester berdasar banyak sks yang ditempuh pada semester yang bersangkutan.
  7. DTTP. Dibayarkan setiap semester.

Lebih detail untuk informasi ini anda dapat mendownload brosur pada link dibawah ini.