Subscribe via RSS Feed

Sistem Penilaian

Ujian Akhir Semester

Sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) dilangsungkan, dosen wajib melaksanakan ujian yang mendahului sebanyak 2 (dua) kali, yakni berupa tugas/kuis dan Ujian Tengah Semester (UTS). Nilai akhir semester ditentukan dengan mempertimbangkan ketiga komponen tersebut yang mempunyai bobot berbeda, dan dihitung dengan rumus sebagai berikut.

Nilai Akhir = (x+2y+3z)/6

Keterangan :
    x = Komponen tugas/quiz
    y= Komponen Ujian Tengah Semester (UTS)
    z = Komponen Ujian Akhir Semester (UAS)

Penilaian hasil belajar mahasiswa dinyatakan dengan huruf dan bobot sebagai berikut : A (4), AB(3,5), B(3), BC(2,5), C(2), CD(1,5), D(1) dan E(0)

Penilaian Kemajuan Studi

Untuk program sarjana dan diploma, pada akhir dua tahun pertama terhitung mulai saat seseorang terdaftar sebagai mahasiswa Unwidha Klaten untuk pertama kalinya, keberhasilan studi mahasiswa dievaluasi untuk menentukan apakah yang bersangkutan layak melanjutkan studi atau tidak. Mahasiswa layak melanjutkan studi jika yang bersangkutan memenuhi syarat yakni (1) mengumpulkan sekurang-kurangnya 30 sks dan (2) mencapai indeks prestasi minimal 2,00.

Untuk program sarjana, evaluasi studi selanjutnya dilakukan pada dua tahun berikutnya, mahasiswa dinyatakan layak melanjutkan studi jika yang bersangkutan memenuhi syarat (1) mengumpulkan sekurang-kurangnya 75 sks dan (2) mencapai Indeks Prestasi minimal 2,00.

Penilaian Akhir Program

Penilaian akhir program magister (S-2) dilakukan jika seorang mahasiswa telah berhasil menyelesaikan beban studi paling sedikit 36 sks. Penilaian akhir program sarjana (S-1) dilakukan jika seorang mahasiswa telah berhasil menyelesaikan beban studi paling sedikit 144 sks. Penilaian akhir program diploma tiga dilakukan jika seorang mahasiswa telah berhasil menyelesaikan beban studi paling sedikit 108 sks.

Mahasiswa program magister (S-2) dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 3,00 (tiga koma nol)

Mahasiswa program sarjana (S-1) dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan (1) indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 2,75 (dua koma tujuh lima), (2) tidak ada nilai E, (3) telah lulus ujian tugas akhir/skripsi atau komprehensif, dan (4) nilai D maksimum 10 sks.

Mahasiswa program diploma tiga (D3) dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan (1) indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 2,75 (dua koma tujuh lima), (2) tidak ada nilai E, (3) telah lulus ujian tugas akhir atau komprehensif, dan (4) nilai D maksimum 8 sks.

Predikat Kelulusan
  1. Mahasiswa program diploma dan sarjana dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang diterapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan IPK lebih besar atau sama dengan 2,00 (dua koma nol nol).
  2. Mahasiswa program magister dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang diterapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan IPK lebih besar atau sama dengan 3,00 (tiga koma nol nol).
  3. Kelulusan mahasiswa dari program magister (S-2) dinyatakan dengan predikat memuaskan, sangat memuaskan, dan pujian dengan kriteria:
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,00 (tiga koma nol) sampai dengan 3,50 (tiga koma lima nol);
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,51(tiga koma lima satu) sampai dengan 3,75 (tiga koma tujuh lima); atau
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat dengan pujian (cumlaude) apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,75 (tiga koma tujuh lima).
  1. Kelulusan mahasiswa dari program diploma tiga (D3) dan program sarjana (S1) dinyatakan dengan predikat memuaskan, sangat memuaskan, atau pujian dengan kriteria:
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,76 (dua koma tujuh enam) sampai dengan 3,00 (tiga koma nol);
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,01 (tiga koma nol satu) sampai dengan 3,50 (tiga koma lima nol); atau
  • mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat dengan pujian (cumlaude) apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,50 (tiga koma lima nol).

Selain ditentukan berdasarkan indeks prestasi kumulatif (IPK), predikat kelulusan “Dengan Pujian” bagi mahasiswa program magister (S-2), program sarjana (S-1), dan program diploma tiga (D-3), ditentukan pula dengan memperhatikan masa studi maksimum yaitu n tahun (masa studi minimum) ditambah 0,5 (setengah) tahun untuk program magister (S-2), 1 (satu) tahun untuk program sarjana (S-1), dan 0,5 (setengah) tahun untuk program diploma tiga (D-3).