Subscribe via RSS Feed

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bermutu dan berkarakter

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten adalah:

  • Menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang profesional dalam suasana akademik yang dinamis, adaptif, inovatif, dan berkarakter.
  • Melaksanakan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dapat menjadi pendukung inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bernilai guna bagi stakeholder.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten yaitu:

  • Menghasilkan sarjana pendidikan yang profesional dan berkarakter di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  • Menghasilkan gagasan kreatif-inovatif dan temuan penelitian yang berkualitas untuk pengembangan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  • Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis ipteks berdasarkan hasil penelitian dan berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat.
  • Menjalin kerja sama dengan berbagai instansi/lembaga terkait bidang bahasa dan sastra Indonesia.
Profil Lulusan

Profil Lulusan

  1. Pendidik Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Peneliti Pemula Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Wirausahawan bidang Bahasa  Indonesia  dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.

Diskripsi Profile

  1. Memiliki pengetahuan kependidikan
  2. Memiliki pengetahuan kebahasaan
  3. Memiliki pengetahuan kesastraan
  4. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
  5. Memiliki keterampilan bersastra Indonesia
  6. Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
  7. Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
  8. Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
  9. Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik
  10. Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan original orang lain.
  6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara mandiri.
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
  2. Menguasai prinsip-prinsip Pedagogi dan psikologi pendidikan;
  3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra;
  4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus

  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; unjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  • Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah
  • Mampu mengapresiasi, mengekspresi, karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis
  • Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi dan
  • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.