Subscribe via RSS Feed

Pendidikan Bahasa Inggris

Visi, Misi dan Tujuan
Visi Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan pembelajaran bahasa Inggris yang  berkompetensi dan berkarakter demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur. Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran; penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam rangka mewujudkan karakter demi kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
  • Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter demi kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
Tujuan
  • Dihasilkannya sarjana pendidikan bahasa Inggris yang berkompetensi, berkarakter dan memiliki kemampuan  hard skill dan soft skill demi kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
  • Terwujudnya pengembangan, penyebarluasan, dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dalam rangka mewujudkan karakter demi kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
  • Terwujudnya hasil karya penelitian yang mendukung inovasi dan memenuhi tuntutan kemajuan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dalam rangka mewujudkan karakter demi kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:
Pendidik Bahasa Inggris

  1. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang berkompetensi dalam materi pelajaran Bahasa Inggris, metodologi pembelajaran yang berbasis siswa aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan kontekstual.
  2. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  3. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang percaya diri dan bertanggung jawab atas gagasan, ucapan, perbuatan, dan pekerjaannya sendiri.

Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Sarjana pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris, sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.
  2. Sarjana pendidikan bahasa Inggris yang menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks menggunakan konsep berpikir ilmiah; menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan; serta menghargai perbedaan pendapat dan berempati kepada  orang lain
Capaian Pembelajaran

Sikap
Capaian pembelajaran sikap dirumuskan sebagai berikut:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk bersaing dan beradaptasi di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional;
  • Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berperan aktif bagi kemaslahatan peserta didik pada khususnya dan masyarakat pada umumnya

Penguasaan Pengetahuan

  • Profil Pendidik Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan pada profil Pendidik bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat  post-intermediate.
  2. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat intermediate.
  3. Menguasai konsep teoretis tentang kesastraan, literasi, serta pembelajaran bahasa.
  4. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.
  5. Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
  6. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi.
  • Profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan pada profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep dasar penelitian pendidikan bahasa Inggris.
  2. Menguasai bahasa Inggris untuk memahami bahan acuan/referensi penelitian.
  3. Menguasai berbagai strategi dan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui  penelitian pendidikan bahasa Inggris.
  4. Menguasai prinsip-prinsip manajemen pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan bahasa 
  5. Menguasai pengembangan media dan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan bahasa Inggris.

Keterampilan Umum

 Capaian pembelajaran keterampilan umum dirumuskan sebagai berikut:

  • Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post- intermediate.
  • Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate. Mampu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dengan lancar, akurat, dan berterima.
  • Mampu mengadaptasi budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu.
  • Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan  metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu.
  • Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes).
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
  • Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.

Keterampilan Khusus

  • Profil Pendidik Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran keterampilan khusus  pada profil Pendidik bahasa Inggris adalah  sebagai berikut:

  1. Menunjukkan keterampilan mengajar dengan menerapkan berbagai model, strategi, dan pendekatan yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  2. Menunjukkan keterampilan mengembangkan alat dan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis teknologi informasi untuk kelancaran dan kemudahan proses pembelajaran.
  3. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sesuai kaidah dan memperhatikan prinsip-prinsip pragmatik.
  4. Mampu memberikan bimbingan belajar secara klasikal, kelompok, dan individual.
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  6. Memiliki kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran yang optimal.

 

  • Profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran keterampilan khusus pada profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja melalui metode kooperatif dan koordinatif sehingga tercapai komunikasi yang baik antar personal dalam jaringan.
  2. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian melalui problem based dan project based learning sehingga dapat memecahkan masalah sederhana pada pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian melalui problem based dan project based learning sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam analisis informasi dan data hasil penelitian melalui project based learning sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah.
  5. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam publikasi ilmiah hasil penelitian melalui project based learning sehingga dapat digunakan untuk mendokumentasikan data hasil penelitian dan menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi.

 

  • Profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan pada profil Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep dasar penelitian pendidikan bahasa Inggris.
  2. Menguasai bahasa Inggris untuk memahami bahan acuan/referensi penelitian.
  3. Menguasai berbagai strategi dan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan bahasa Inggris.
  4. Menguasai prinsip-prinsip manajemen pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan bahasa Inggris.
  5. Menguasai pengembangan media dan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan bahasa Inggris.