Subscribe via RSS Feed

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Menjadi program studi yang berkarakter untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang ke-SD-an demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
Misi
Untuk mewujudkan visi, Program Studi PGSD menetapkan misi sebagai berikut:

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
    • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang ke-SD-an yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
    • Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan ke-SD-an serta hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pembangunan wilayah demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.

Tujuan

Tujuan Program Studi PGSD adalah sebagai berikut:

      • Menghasilkan Sarjana PGSD yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas.
      • Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ke-SD-an yang berkualitas serta menyebarluaskan hasil-hasilnya.
      • Terwujudnya kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarakat khususnya di bidang ke-SD-an.
Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi PGSD Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:

  1. Pendidik Sekolah Dasar
  2. Peneliti bidang Pendidikan
  3. Edupreneur Pendidikan Dasar
  4. Penulis bidang Pendidikan

Gambaran masing-masing profil dideskripsikan secara lengkap pada Tabel berikut ini.

Profil Lulusan dan Deskripsinya

ProfilDeskripsi
a.       Pendidik Sekolah DasarSarjana PGSD yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas, serta profesional.
b.      Peneliti bidang PendidikanSarjana PGSD yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang ke-SD-an, sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
c.       Edupreneur Pendidikan DasarSarjana PGSD yang mempunyai kemampuan manajerial untuk mengelola usaha dalam bidang ke-SD-an.
d.      Penulis bidang PendidikanSarjana PGSD yang mampu membuat tulisan terkait ke-SD-an dengan baik dan benar.
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Sikap Capaian pembelajaran sikap Program Studi PGSD adalah sebagai berikut:
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan Program Studi PGSD sebagai berikut:
  • Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
    Capaian pembelajaran Keterampilan Umum Program Studi PGSD sebagai berikut:
  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis, dan entrepreneur bidang Pendidikan Dasar;
  • Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur Pendidikan Dasar berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  • Mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
      Capaian pembelajaran Keterampilan Khusus Program Studi PGSD adalah sebagai berikut:
    • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran intra kurikuler,
    • Kokurikuler dan ekstrakurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis Iptek, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
    • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
    • Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research);
    • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
    • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
    • Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
    • Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
    •