Subscribe via RSS Feed

Pendidikan Geografi

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Geografi yang bermutu dan berkarakter
Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang professional dalam suasana akademik yang dinamis, adaptif, dan selektif dalam bidang geografi.
  • Mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang geografi untuk kemajuan bangsa.

Tujuan

  • Menghasilkan sarjana pendidikan dalam bidang ilmu geografi yang professional dan berkarakter, kuat dalam kehidupan ilmiah, sosial, budaya, serta berdedikasi tinggi dalam mencerdaskan bangsa.
  • Mewujudkan pengembangan, penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang pendidikan geografi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  • Mewujudkan komunitas binaan yang mampu menjadi pelopor pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi dan seni bagi masyarakat, khususnya dibidang keguruan dan ilmu pendidikan geografi.

 

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Widya Dharma Klaten adalam sebagai berikut:

  1. Pendidik Geografi
  2. Peneliti Pendidikan Geografi
  3. Edupreneur Pendidikan Geografi
  4. Penulis Pendidikan Geografi
  5. Tenaga ahli di bidang Pendidikan Geografi

Gambaran masing-masing profil dideskripsikan secara lengkap pada Tabel di bawah ini.

 

Profil Lulusan dan Deskripsinya

Profil

Deskripsi

a.    Pendidikan Geografi

Sarjana Pendidikan Geografi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas, serta profesional

b.   Peneliti Pendidikan Geografi

Sarjana Pendidikan Geografi yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran Geografi, sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran Geografi.

c.    Edupreneur Pendidikan Geografi

Sarjana Pendidikan Geografi yang mempunyai kemampuan manajerial untuk mengelola usaha dalam bidang pendidikan Geografi

d.   Penulis Pendidikan Geografi

Sarjana Pendidikan Geografi yang mampu membuat tulisan terkait pendidikan Geografi dengan baik dan benar

e.    Tenaga ahli di bidang Pendidikan Geografi

Sarjana Pendidikan Geografi yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan Geografi dengan bidang Pendidikan Geografi

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap
Capaian pembelajaran sikap Program Studi Pendidikan Geografi adalah sebagai berikut:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Paneasila.
  • Berperan sebagai warga Negara yangbangga dan cinta tanah air. memiliki nasionalisme serta rasa tanggungiawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan pescrta didik.

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan
Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan Program Studi Pendidikan Geografiadalah sebagai berikut :

  • Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan

Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus

  • Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum

Capaian pembelajaran Ketrampilan Umum Program Studi Pendidikan Geografi adalah sebagai berikut:

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan Geografi.
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan-teknoiogi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tala cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  3. Mengambi keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri.
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

  • Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus

Capaian pembelajaran Ketrampilan Khusus Program Studi Pendidikan Geografi adalah sebagai berikut:

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar media pembelajaran berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu.
  2. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
  3. Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research).
  4. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  5. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
  6. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan. dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
  7. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.