Subscribe via RSS Feed

Pendidikan Matematika

Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Menjadi program studi yang berkarakter untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Pendidikan Matematika demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
Misi
Untuk mewujudkan visi, Program Studi Pendidikan Matematika menetapkan misi sebagai berikut:

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
    • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang pendidikan matematika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
    • Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan Pendidikan Matematika serta hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pembangunan wilayah demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.

Tujuan
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

    • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas.
    • Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Matematika yang berkualitas serta menyebarluaskan hasil-hasilnya.
    • Terwujudnya kerjasama dengan stakeholders dan pihak terkait dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarakat khususnya di bidang Pendidikan Matematika.
Profil Lulusan
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:
  1. Pendidik Matematika
  2. Peneliti Pendidikan Matematika
  3. Edupreneur Pendidikan Matematika
  4. Penulis Pendidikan Matematika
Gambaran masing-masing profil dideskripsikan secara lengkap pada Tabel di bawah ini Profil Lulusan dan Deskripsinya
Profil Deskripsi
a.       Pendidik Matematika Sarjana Pendidikan Matematika yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas, serta profesional
b.      Peneliti Pendidikan Matematika Sarjana Pendidikan Matematika yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran matematika, sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika.
c.       Edupreneur Pendidikan Matematika Sarjana Pendidikan Matematika yang mempunyai kemampuan manajerial untuk mengelola usaha dalam bidang pendidikan matematika
d.      Penulis Pendidikan Matematika Sarjana Pendidikan Matematika yang mampu membuat tulisan terkait pendidikan matematika dengan baik dan benar
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap
Capaian pembelajaran sikap Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan
Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

  • Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan

Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum
Capaian pembelajaran Ketrampilan Umum Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

    1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan matematika;
    2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
    3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan matematika berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
    4. Mengelola pembelajaran secara mandiri;
    5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus
Capaian pembelajaran Ketrampilan Khusus Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

    1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
    2. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
    3. Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);
    4. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
    5. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
    6. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
    7. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.