Subscribe via RSS Feed

LPPM ADAKAN WORKSHOP DAN KLINIK PENULISAN PROPOSAL

Filed in Berita, Universitas by on December 7, 2017 • views: 32

Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten terus berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Selama kurun waktu 4 s.d. 19 Desember 2017 bertempat di di Aula Lantai 4 Gedung Rektorat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unwidha menyelenggarakan Workshop dan Klinik penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh seluruh dosen.

Kali ini LPPM menghadirkan dua orang reviewer tingkat nasional, Dr. Drajar Tri Kartono, M.Si. untuk penelitian dan Dr. Edi Kurniadi, M.Pd. untuk pengabdian kepada masyarakat, keduanya berasal dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam pemaparannya, Edi Kurniadi mengatakan kesalahan umum para dosen dalam mengajukan proposal antara lain administrasi tidak patuh pedoman; tujuan salah kamar/luaran tidak sesuai skema; substansi, roadmap, metode, dan teori tidak logis; serta pelanggaran etika dan taktik.

Menurut Rektor Unwidha, Prof. Dr. Triyono, M.Pd., workshop dan klinik ini bertujuan untuk melaksanakan amanah dharma ke dua dan tiga; memberikan wawasan yang lebih luas terkait dengan penelitian dan PPM, khususnya yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; memberikan dan meningkatkan suntikan motivasi kepada para dosen/peneliti untuk mengajukan usulan penelitian ke Kemenristekdikti; penyamaan persepsi di antara para dosen/peneliti; serta memberikan sosialisasi kepada para dosen muda dan senior yang belum sadar akan pentingnya penelitian dan PPM.

Kepala Pusat Penelitian Unwidha, Dr. Iswan Riyadi, MM. menyampaikan bahwa ada beberapa tahap yang harus dilalui pada kegiatan workshop dan klinik ini, yaitu tahap motivasi, sosialisasi, dan penyamaan persepsi; tahap penyusunan proposal; tahap klinik proposal; dan tahap pengiriman/pengunggahan proposal.

Comments are closed.