Subscribe via RSS Feed

Mahasiswa THP KKL di Wonosobo

Filed in Berita, Fakultas dan Progdi by on November 22, 2017 • views: 90

Mahasiswa THP KKL di Wonosobo
Wonosobo, 14-15 Nopember 2017. Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian mengadakan KKL di PT Perkebunan Tambi yang memproduksi Teh dan CV Yuasafood yang mengolah buah Carica menjadi manisan.
KKL diikuti 28 mahasiswa dan 5 orang dosen pendamping. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Ir.Agus Santoso, MP. mengharapkan mahasiswa sungguh-sungguh belajar dalam kegiatan KKL tersebut. Dekan FTP berharap ada kerjasama dengan PT Perkebunan Tambi dan CV Yuasafood dalam bentuk kegiatan praktik magang atau penelitian mahasiswa.
Kegiatan KKL dilakukan dengan melihat secara langsung manajemen pabrik, proses penanganan bahan, proses produksi, penanganan produk, dan aspek mutu produk serta pemasarannya. Tujuan dari kegiatan KKL tersebut agar mahasiswa memahami dan mengetahui tentang bidang Ilmu Teknologi Hasil Pertanian yang diaplikasikan dalam usaha industri pengolahan pangan.
Dalam kunjungannya di PT Perkebunan Tambi, mahasiswa mempelajari cara petik daun teh, proses produksi teh hitam dan teh hijau beserta mesin yang digunakan, sistim sortasi produk teh dan uji seduhan teh yang menjadi bagian penentu kualitas teh. Sekitar 50% produk teh dari perkebunan ini diekspor ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Australia. Sisa produksi teh (50%) untuk memenuhi pabrik teh dalam negeri.
Dalam kunjungannya di CV Yuasafood mahasiswa mempelajari tentang karakteristik buah carica yang hanya tumbuh di Dieng, cara pengupasan buah dan proses pengolahan buah, pengemasan dan sistem pemasarannya. Meskipun manisan carica merupakan produksi UMKM tetapi telah menerapkan standarisasi produksi yang dibuktikan dengan perolehan sertifikat HACCP/ISO 22000.

Comments are closed.