Subscribe via RSS Feed

Mimbar Akademik UNWIDHA

Filed in Berita, Kegiatan Mahasiswa, Umum by on January 11, 2017 • views: 103

Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Unwidha ke 47, pada hari Selasa 10 Januari 2017 diadakan kegiatan mimbar akademik.

Kegiatan yang berlangsung di auditorium FKIP tersebut didahului  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka oleh ketua panitia dies ke 47, Ir. Agus Santoso, MP. Hadir sebagai pembicara adalah Rektor Unwidha Klaten Prof. Dr. Triyono, M.Pd yang menyampaikan materi “Peran Pendidikan Tinggi Dalam Menyongsong Generasi Emas Indonesia Tahun 20145.

Dalam makalahnya, disampaikan bahwa antara tahun 2010 – 2035 penduduk Indonesis berada pada kondisi jendela demografi, dimana junlah penduduk usia produktif lebih banyak daripada jumlah penduduk belum dan tidak produktif. Kondisi ini bisa berubah menjadi bonus demografi manakala penduduknya berkualitas atau justru menjadi kutukan demografi apabila kualitas penduduknya rendah.

Selanjutnya, pada tahun 2045, bangsa Indonesia berusia 100 tahun dan diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh kekuatan ekonomi dunia dan untuk menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa pada tahu tersebut, investasi di bidang pendidikan harus dilakukan dari sekarang. Pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan individu yang berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berbasis kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual.

Comments are closed.