Subscribe via RSS Feed

Seminar Strategi Peningkatan Klaster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Filed in Berita, Universitas by on March 7, 2018 • views: 282

Pada tanggal 06 Maret 2018, Universitas Widya Dharma Klaten bekerja sama dengan Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik Perguruan Tinggi Swata( PPBA-PTS) Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah mengadakan seminar dengan tema “ Strategi Peningkatan Klaster Penelitian dan Pengabdian Masyrakat.

Seminar ini di hadiri oleh wakil rektor bidang akademik serta ketua lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi swata dalam lingkup kopertis VI jawa tengah. Narasumber dalam acara ini adalah : Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc (Direktur Riset dan pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti), Neil Semuel Rupidara, S.E, M.Sc, Ph.D ( Rektor Universitas Satya Wacana) dan Dra. Kun Harisma, M.sc, Ph.D (Wakil Ketua Bidang Penelitain LPPM Universitas Muhamaddiyah Surakarta).

Rektor Universitas Widya Dharma Klaten, Prof. Dr. H. Triyono, M.Pd dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang kepada para narasumber dan perwakilan dari perguruan tinggi swasta wilayah kopertis wilayah VII Jawa Tengah. Beliau juga menyampaikan kepada bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc, selaku Direktur Riset dan pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti, bahwa di Universitas Widya Dharma Klaten pada saat ini terdapat peningkatan jumlah penelitian hampir 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, dan diharapkan dengan adanya seminar ini dapat lebih meningkatkan animo penelitian pada perguruan tinggi swasta wilayah kopertis wilayah VII Jawa Tengah dan khususnya pada Universitas Widya Dharma Klaten. Beliau juga menyampaikan adanya transfer pengalaman dari Neil Semuel Rupidara, S.E, M.Sc, Ph.D selaku Rektor Universitas Satya Wacana dan Dra, Kun Harisma, M.sc, Ph.D selaku Wakil Ketua Bidang Penelitain LPPM Universitas Muhamadiyah Surakarta dalam pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat pada lembaganya, sehingga diharapkan klaster dari masing masing perguruan tinggi dapat meningkat.

Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc, dalam paparannya menyampaikan mengenai Strategi Peningkatan Klaster Penelitian dan Pengabdian Mayarakat, belau menyampaikan bahwa pada tahun 2017 terdapat 25 perguruan tinggi  dengan klaster mandiri. Diharapkan untuk tahun 2018 meningkat menjadi 50 perguruan tinggi klaster mandiri dan 100 perguruan tinggi klaster utama. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk saat ini dan perkembangan ke depan, persaingan perguruan tinggi terdapat pada persaingan dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat. Pada akhir paparannya, beliau menyampiakan bahwa fokus dari penugasan dari kemenristekdikti pada saat ini adalah pada penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang GESI (Gender Equality and Social Inclusion).

Neil Semuel Rupidara, S.E, M.Sc, Ph.D, dalam paparannya menyampikan mengenai strategi kinerja riset Universitas Satya Wacana. Beliau menyampikan bahwa pada saat ini Universitas Satya Wacana secara kelembagaan melakukan peningkatan kekuatan riset. Hal ini dilakukan dengan membentuk pusat-pusat riset dalam setiap bidang. pada perguruna tinggi beliau pada saat ini ada lebih dari 20 pusat riset dan akan bertambha pada tahun-tahun berikutnya.

Dra, Kun Harisma, M.sc, Ph.D menyampaikan bahwa pada saat ini Universitas Muhamadiyah Surakarta sudah menerapkan sistem yang trepadu dalam peningkatan kinerja penelitian, terutama dalam kekayaan intelektual. Sistem terpadu ini dapat digunakan untuk pendaftaran dan penelusuran paten. Beliau juga menyampiakan bahwa penelitian dan paten bisa juga mendapatkan hasil yang bisa dimanfaatkan oleh lembaga.

Untuk materi seminar ini dapat di download pada link berikut :

  1. Materi Seminar Peningkatan Kluster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sesi 1
  2. Materi Seminar Peningkatan Kluster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sesi 2
  3. Materi Seminar Peningkatan Kluster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sesi 3

Tags:

Comments are closed.