KEUNGGULAN

Kepercayaan dari masyarakat khususnya di kabupaten Klaten terus mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh indikator animo calon mahasiswa yaitu jumlah pendaftar mahasiswa baru di Universitas Widya Dharma Klaten  mengalami trend kenaikan dari tahun ke tahun. Sampai dengan tahun 2012 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 4.292 mahasiswa. Kecenderungan kenaikan jumlah mahasiswa ini didorong oleh proses pembelajaran yang baik, jurusan/program studi telah terakreditasi dan lulusan sebagian besar telah bekerja.

Seiring dengan perubahan perundang-undangan di bidang pendidikan di Indonesia, maka berlangsung pula perubahan berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, mulai dari paradigma pendidikan, substansi pendidikan, proses pembelajaran, evaluasi pendidikan, sampai pengawasan penyelenggaraan pendidikan.

Sejak berdirinya Universitas Widya Dharma Klaten jumlah lulusan yang dihasilkan sebanyak 21.746 orang alumni yang terdiri atas: 380 lulusan Magister Pendidikan (S-2)642 orang lulusan Sarjana Muda18.457 orang lulusan Sarjana (S-1),266 orang lulusan Ahli Madya Diploma-III dan 1.989 orang lulusan Program Akta Mengajar-IV, sebagian besar lulusan berprofesi sebagai guru, hal ini menunjukkan bahwa keunggulan  Universitas Widya Dharma Klaten adalah mencetak tenaga kependidikan, disampaing juga mencetak tenaga ahli lainnya dibidang ekonomi, keteknikan dan komputer.

Proses belajar mengajar telah dilakukan pengendalian  dan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan  Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED), sedangkan pengendalian eksternal dilakukan melalui Akreditasi oleh BAN-PT. Di bidang Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat pada saat ini terdapat beberapa penelitian yang dibiayai oleh Kopertis VI maupun DP2M Dikti.

Program PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan pada tahun 2009 ini terdapat 13 Penelitian Mahasiswa yang dibiayai oleh DP2M Dikti). Dalam Program PKMM (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat pada tahun 2009 ini terdapat 9 Penelitian Mahasiswa serta Penelitian Mahasiswa Program PKMT (Program Kreativitas Penerapan Teknologi) yang dibiayai oleh DP2M Dikti. Bulan Juli 2010 Mahasiswa Unwidha telah berhasil kompetisi dalam program “Wawasan Kebangsaan”  yang diselenggaran Dikti Direktorat Kemahasiswaa  yang akan dikirim ke Turki. Program pengembangan lain yaitu peningkatan kompetensi dosen melalui seminar/workshop dan publikasi ilmiah oleh sebagai instruktur, nara sumber dan penyaji makalah tingkat nasional dan internasional.

Sampai dengan tahun 2012 Universitas Widya Dharma Klaten telah memperoleh hibah PHK-A1 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (2005-2006), hibah peralatan untuk Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro dan Teknik Sipil (2005), hibah Peningkatan Mutu Pendidikan (2006), dan hibah Laboratorium Mikro Teaching (2008), hibah Kewirausahaan (2009),Program Hibah PHP-PTS (2010) dan Program Hibah PHP-PTS (2011).