VISI dan MISI

Universitas Widya Dharma Klaten adalah pengembangan dan atau perubahan bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yayasan Pendidikan Klaten yang didirikan pada tahun 1965 dan memperoleh Status terdaftar pada tanggal 27 September 1969 yang selanjutnya pada tahun akademik 1994/1995 berubah bentuk menjadi Universitas Widya Dharma Klaten dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 104/D/O/1994.

 

A. Visi

Visi Universitas Widya Dharma Klaten adalah “Menjadi Universitas yang Berkarakter Untuk Kesejahteraan Bangsa Berlandaskan Multikultur”.

 B. Misi

Pelaksanaan dan Keberhasilan pembangunan memerlukan tenaga berkeahlian akademik dan profesional pada berbagai bidang dan jenjang dengan kualifikasi dan jumlah yang memadai. Untuk menjawab tantangan tersebut sekaligus sebagai penjabaran dari visi Universitas maka telah ditetapkan misi Universitas Widya Dharma Klaten sebagai berikut:

1.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

 

C. Tujuan

1. Terciptanya suasana akademik yang dinamis sehingga dapat menghasilkan lulusan, tenaga akademik, profesi, dan vokasi yang     berkompeten, berkualitas, dan berkarakter.

2.Terwujudnya hasil karya penelitian yang adaptif dan mampu memenuhi tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

3. Terwujudnya komunitas binaan yang mampu menjadi panutan dan pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarakat umum.