Subscribe via RSS Feed

Workshop Literasi Jurnal dan Google Suite for Education

Filed in Berita, Fakultas dan Progdi by on January 12, 2018 • views: 139

workshop “Literasi Jurnal” dan “Google Suite for Education”

PROGRAM Studi Pendidikan Bahasa Jawa telah menyelenggarakan workshop Literasi Jurnal dan Google Suite for Education. Workshop Literasi Jurnal diikuti 39 peserta, dan mayoritas dosen. Sedangkan workshop Google Suite for Education diikuti 55 peserta, dengan rincian 43 dosen, 7 guru, dan 5 mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Januari 2018, bertempat di Aula Rektorat lantai 4 Universitas Widya Dharma tersebut dibuka oleh Dekan FKIP Unwidha, Dr. H. R. Warsito, M.Pd.
Dalam pidato sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Krisna Pebryawan, S.S., M.Pd. menyebutkan bahwa workshop literasi jurnal bertujuan untuk meningkatkan literasi dalam hal perjurnalan, baik seminar ilmiah maupun jurnal ilmiah. Melalui workshop ini diharapkan para peserta menjadi lebih cerdas dalam memilih seminar dan jurnal ilmiah yang berkualitas. Sedangkan Eric Kunto Aribowo, SS, MA selaku fasilitator memberikan beberapa indikator yang diperlukan untuk mengukur kualitas sebuah seminar ilmiah atau jurnal ilmiah. Adapun indikator yang dimaksud, anyara lain: (1) memiliki laman khusus seminar, (2) penyelenggara memiliki frekuensi (rekam jejak) penyelenggaraan seminar, (3) adanya kolaborasi penyelenggara, (4) kualitas seminar sebelumnya, (5) dan output makalah/prosiding. Selain itu, disampaikan pula 17 indikator untuk jurnal ilmiah yang berkualitas. Selebihnya, Eric Kunto menjelaskan juga bagaimana menelusuri artikel-artikel ilmiah secara gratis dan legal dengan memanfaatkan layanan dari Kemenristek Dikti dan PNRI. Pada workshop ini juga didemontrasikan submit artikel di sebuah jurnal ilmiah menggunakan sistem OJS oleh Kepala Pusat Penelitian Unwidha, Dr. Didik Rinan Sumekto. Dalam sesi itu dipaparkan pula best practice dalam submit artikel, baik di jurnal terakreditasi nasional maupun yang bereputasi internasional.
Dalam workshop Google Suite for Education, peserta diajari bagaimana fitur yang disediakan oleh Google Inc. Khusus bagi pelaku di dunia pendidikan, ihwal ini dapat membantu para peserta yang sebagian besar adalah pendidik, untuk mempersiapkan anak didiknya menghadapi zaman milenial. 4C sebagai kompetensi dasar yang dibutuhkan anak didik zaman now yang meliputi: creative, critical thinking, collaboration, dan communication menjadi kebutuhan yang tidak dapat dielakkan lagi. Melalui kegiatan ini, fitur-fitur seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Drive, Google Forms, Google Sites, dan Google Classroom dieksplorasi dan dimaksimalkan untuk tujuan-tujuan edukatif seperti berkolaborasi dalam mengerjakan sebuah proyek, menciptakan survei dan kuis daring, membuat website edukatif, dan menghadirkan kelas virtual memanfaatkan Google Clasroom.
Akhirnya, harapan peserta, kegiatan-kegiatan serupa ─ kegiatan yang memanfaatkan program atau aplikasi lain ─ menjadi agenda rutin Universitas Widya Dharma.

Tags:

Comments are closed.