Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Unwidha Klaten Angkatan 2014 Gelar Webinar & Temu Kangen Online

Filed in Berita by on February 12, 2021 • views: 185

Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Unwidha Klaten, Angkatan 2014 di tengah masa pandemi COVID-19 yang saat ini tetap produktif untuk menggelar kegiatan Webinar dan Temu Kangen. Kali ini tampil dengan tema “Kesan pertama pasti menggoda, selanjutnya kita mau apa?” (Sabtu, 6 Februari 2021). Kegiatan secara daring dengan memanfaatkan fasilitas Meeting Zoom tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Tercatat sebanyak 45 peserta mengikuti kegiatan yang semuanya adalah alumni Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Unwidha Klaten.

Kegiatan webinar ini dipandu oleh Rimbani Mahastuti, M.Pd. selaku moderator sekaligus alumni pascasarjana angkatan 2014, dengan menghadirkan narasumber: Prof. Dr. H. Triyono, M.Pd. (Rektor Unwidha Klaten) dan Dr. H. Dwi Bambang Putut Setiyadi, M.Hum. (Kaprogdi Pendidikan Bahasa S-2 Unwidha). Di samping para narasumber tersebut di atas, hadir juga membersamai dalam kegiatan webinar ini: (1) Dr. H. Purwo Haryono, M.Hum. (Wakil Rektor Bidang Akademik Unwidha) dan (2) Dr. Hj. Hersulastuti, M.Hum. (Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Unwidha yang sekaligus wakil dosen).

Dalam paparannya, Prof. Dr. H. Triyono, M.Pd. menyampaikan materi tentang perkembangan Unwidha dari tahun ke tahun, peran Unwidha sebagai salah satu PTS yang telah dipercaya melaksanakan PPG dalam jabatan, pendampingan dan pembimbingan Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru, program pembimbingan dan penulisan Jurnal Pendidikan serta menerbitkannya dalam Jurnal yang dikelola Unwidha.

Sementara narasumber kedua Dr. H. Dwi Bambang Putut Setiyadi, M.Hum menyampaikan materi dengan topik “Partisipasi Alumni di dalam Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi”. Dalam makalahnya disampaikan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) Unwidha Klaten memiliki himpunan bernama KAWIDHA (Keluarga Alumni Widya Dharma Klaten). Wadah alumni itu dilengkapi dengan pengurus Pusat dan daerah. Pengurus Pusat berkedudukan di Kabupaten Klaten. Disebutkan bahwa Alumni (KAWIDHA) memiliki peranan dalam pengembangan institusi. Oleh karena itu, hendaknya para alumni tidak hanya berdiam diri, tetapi ikut berperan serta dan berpartisipasi dalam pengembangan almamaternya. Partisipasi KAWIDHA Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) Unwidha Klaten meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang bersifat akademik maupun nonakademik.

Dalam bidang pendidikan, para alumni antara lain berpartisipassi dalam memberikan sumbangan pemikiran melalui berbagai kegiatan seperti seminar, sarasehan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penyediaan fasilitas kegiatan akademik, seperti memberikan sumbangan buku atau bahan pustaka untuk pengembangan perpustakaan. Alumni bekerja sama dengan stakeholders memberikan masukan kepada universitas, fakultas, maupun program studi dalam penyempurnaan visi misi serta kajian dan pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

Dalam bidang penelitian para alumni berkolaborasi untuk melakukan penelitian bersama dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra yang berkaitan dengan penerapan metode, media, materi, maupun teknik evaluasi. Peningkatan dan perbaikan pelaksanaan pembelajaran, penulisan jurnal, penulisan buku ajar maupun buku pengetahuan maupun seni. Mengadakan seminar bersama dengan para alumni yang menjadi narasumber tingkat nasional maupun internasional.

Dalam bidang pengabdian masyarakat para alumni melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan non-akademik seperti dies natalis, olimpiade mahasiswa, kegiatan sosial kemasyarakatan, memberikan bantuan dana dan logistik saat terjadi bencana alam kepada para korban. Alumni juga menjadi instruktur/juri/narasumber dalam kegiatan akademik yang diadakan oleh mahasiswa. Alumni memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan dengan menyelenggarakan job fair di kampus.

Selain berpartisipsi dalam Tridharma, para alumni juga memberikan kontribusi berupa sarana yang bersifat akademik maupun nonakademik. Kontribusi tersebut diberikan bersamaan dengan kegiatan Temu Alumni maupun kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersama seperti Dies Natalis, Pertemuan Ilmiah, Olimpiade, dan sebagainya.

Sebagai tindak lanjut, diharapkan semua alumni Program Pascasarjana Unwidha mendukung semua program-program kampus dan berperan aktif memberikan kontribusi untuk kemajuan almamater Unwidha, khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa S-2.

Simpulan akhir, Dr. H. Dwi Bambang Putut Setiyadi, M.Hum. menambahkan bahwa webinar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pertemuan alumni Pascasarjana Unwidha, hendaknya dapat terus diselenggarakan secara rutin dan terprogram. Para alumni juga diharapkan senantiasa meng-update kemampuan dirinya, khususnya dalam bidang IT sebagai upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan di masa mendatang, sebagaimana implementasi pembelajaran Abad 21 untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat (Society) 5.0.

 

Comments are closed.