ASESMEN LAPANGAN BAGI PROGRAM STUDI D-3 MANAJEMEN INFORMATIKA

Filed in Berita by on May 7, 2021 • views: 146

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) secara daring untuk reakreditasi Program Studi (Prodi) D-3 Manajemen Informatika (MI) selama dua hari, 5-6 Mei 2021 dengan menggunakan Instrumen APS 4.0 (9 kriteria).

Bertindak selaku asesor dari BAN-PT adalah Prof. Dr. Maman Abdurrohman, ST., MT. dari Universitas Telkom Bandung dan Dr. Rd Kusumanto dari Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Asesmen Lapangan dipandu oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Purwo Haryono, M.Hum. Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Rektor Universitas Widya Dharma Klaten (Unwidha Klaten), Prof. Dr. Triyono, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat datang kepada para asesor dan mengucapkan terima kasih atas perhatian BAN-PT yang akan melakukan  AL pada Program Studi D-3 MI Unwidha Klaten. Rektor berharap kegiatan tidak hanya terbatas dalam rangka AL Prodi MI saja tetapi diharapkan juga ada diseminasi praktik baik dari kedua Perguruan Tinggi asal para asesor kepada Unwidha Klaten. Rektor juga berharap hasil akreditasi dapat meningkat agar dapat menarik minat masyarakat terhadap Prodi MI Unwidha Klaten. Reakreditasi Prodi MI ini merupakan pengalaman pertama bagi Unwidha Klaten menggunakan Instrumen 9 kriteria. Hadir juga dalam AL Prodi MI Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Tukiyo, M.Pd. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Darupratomo, MT.

Kegiatan dilanjutkan dengan validasi, verifikasi dan klarifikasi data yang tertulis dalam instrumen, butir 1 – 69. Kegiatan diawali dengan presentasi fasilitas pembelajaran, mulai dari ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olah raga, fasilitas ibadah, fasilitas kegiatan organisasi kemahasiswaan, fasilitas perbankan, dan lain-lain. Bertindak melayani AL dari BAN-PT adalah Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Dr. Theresia Kriswianti Nugrahaningsih, M.Si, selaku pimpinan Unit Pelaksana Program Studi (UPPS), didukung Ketua Prodi MI, Hendro Joko Prasetyo, M.Kom, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Akreditasi (LPMA), Dr. Iswan Riyadi, MM, para dosen tetap Prodi MI, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, Arif Julianto, SE., M.Si., serta tenaga kependidikan.

AL daring berjalan lancar. Hari pertama dapat menyelesaikan klarifikasi, vaerifikasi, dan validasi seluruh butir Laporan Evaluasi Diri (LED) dan wawancara alumni dan pengguna lulusan. Pada hari kedua kegiatan AL dilanjutkan dengan koreksi draf Berita Acara (BA) AL, penandatanganan BA, dan penutup. Acara penutupan diawali dengan ucapan terima kasih dari Rektor Unwidha Klaten dilanjutkan penyampaian rekomendasi temuan selama AL oleh asesor, dan diakhiri dengan penyerahan BA kepada pimpinan UPPS.

 

Comments are closed.