Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) secara luring (tatap muka) untuk akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama tiga hari, 12-14 Mei 2022 dengan menggunakan Instrumen APS Profesi. Bertindak selaku asesor dari BAN-PT adalah Dr. Parwoto, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar dan Dr. Ahmad Yusuf Sobri, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang.

Acara diawali dengan pembukaan atau penerimaan oleh Rektor Universitas Widya Dharma Klaten (Unwidha Klaten), Prof. Dr. Triyono, M.Pd. bertempat di ruang rektor. Selain Rektor, hadir dalam penerimaan asesor ini Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Koordinator Program Studi PPG, Dr. Purwo Haryono, M.Hum., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Tukiyo, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Darupratomo, M.T., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Warsito, M.Pd., Ketua Bidang Studi Matematika, Joko Sungkono, S.Si., M.Sc., dan Ketua Bidang Studi PPKn, Sudiyo Widodo, S.Pd., M.H. Acara pembukaan berlangsung akrab dan hangat.

Pada hari ke dua, kegiatan dilanjutkan dengan validasi, verifikasi dan klarifikasi data yang tertulis dalam instrumen. Bertempat di dua ruang yang berada di lantai 3 gedung rektorat, proses validasi, verifikasi, dan klarifikasi dilaksanakan untuk Unit Pengelola Program Studi (UPPS) atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Buku III B) dan Program Studi (Buku III A). Tim akreditasi yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan dari dua bidang studi (Matematika dan PPKn) menjawab pertanyaan dan permintaan data atau dokumen pendukung oleh asesor dengan lancar. Dokumen bukti apa yang sudah ditulis dalam borang sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya dengan lengkap. Dengan demikian, proses dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Tepat pukul 17.00 WIB kegiatan Asesmen Lapangan selesai. Sementara, penandatanganan Berita Acara dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2022.