Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Widya Dharma Klaten telah menyelenggarakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di beberapa program studi, diantaranya Prodi Teknlogi Hasil Pertanian, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi PGSD dalam waktu yang berbeda. Ruang lingkup kegiatan AMI meliputi Program Studi butir kriteria 6 bidang Pendidikan (Kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran). Kegiatan audit mutu internal ini bertujuan untuk :

  • memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu bidang pendidikan/pembelajaran Program Studi terhadap Dokumen Akademik Program Studi dan Dokumen Mutu Program Studi  .
  • memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu bidang pendidikan/pembelajaran Program Studi terhadap Dokumen Akademik Program Studi dan Dokumen Mutu  Program Studi.
  • Memetakan update data bidang Pendidikan Program Studi untuk persiapan kelengkapan data Akreditasi.
  • memastikan kelancaran pelaksanaan pengelolaan Program Studi bidang pendidikan.
  • memetakan peluang peningkatan mutu Program Studi bidang Pendidikan.

Serangkaian kegiatan AMI berjalan dengan sangat lancar meliputi (1) rapat koordinasi, (2) desk evaluasi dan visitasi (audit lapangan), (3) rapat dengan kaprodi, dan (4) penyusunan laporan audit.  Setelah LPM melakukan kunjungan ke Program Studi, Ketua Program studi, dosen, karyawan, dan mahasiswa juga memberikan evaluasi sangat positif tehadap pelaksanaan kegatan AMI. Bahkan, Ketua Program Studi berharap segera dikunjungi lagi untuk kriteria-kriteria yang lain. Selain  ketiga prodi ini, kegiatan AMI juga akan dilaksanakan di beberapa Program Studi yang lain dan kriteria yang lainnya.