Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Oleh UNWIDHA Dan IGI Klaten

Filed in Berita by on October 10, 2020 • views: 95

Dalam rangka peningkatan pengembangan profesionalisme, di masa pandemi covid 19 universitas Widya Dharma Klaten bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Klaten serta Harian Jawa pos radar solo menyelenggarakan “Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah dan Tulisan Populer”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 10 Oktober 2020 melalui zoom meeting. Adapun peserta yang mendaftar berasal dari seluruh Indonesia sebanyak150 orang. Produk yang dihasilkan peserta berupa artikel ilmiah yang akan dimuat di jurnal Bangkit Guru yang dikelola oleh Universitas Widya Darma dan tulisan Ilmiah Populer yang dimuat di Harian Jawa Pos Radar Solo.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis bagaimana menulis artikel yang merupakan salah satu syarat wajib kenaikan pangkat guru pada golongan tertentu. Selain menulis artikel dari hasil penelitian, peserta juga dibimbing untuk menulis ide-ide kreatif baik yang sudah maupun belum dilakukan di sekolah dalam bentuk tulisan ilmiah populer yang bisa dimuat di media massa. Selain itu peserta juga mendapatkan materi tentang bagaimana mendesain kenaikan pangkat guru maupun dosen agar bisa naik pangkat secara cepat dan mudah.

Pelatihan dimulai pada tanggal 5 Oktober 2020 dan dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Widya Dharma Klaten, Prof. Dr. Triyono, M.Pd. Pada sambutannya beliau menyampaikan “bahwa pada abad 21 diperlukan sharing ide melalui kolaborasi sehingga menumbuhkan kreativitas” ini sangat diperlukan sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki guru abad 21 agar sesuai dengan zamannya. Ketua IGI Kab Klaten, Endah Sulistyowati dalam sambutannya di pembukaan acara juga menyampaikan program kerja IGI Kab Klaten adalah meng-upgrade kompetensi guru melalui pelatihan, bimtek, maupun sosialisasi berjenjang. Salah satunya IGI Kab Klaten melakukan MoU dengan Universitas Widya Dharma Klaten sejak tahun 2017 untuk mencapai tujuan tersebut. Pemateri yang ikut berkontribusi pada kegiatan ini berasal dari dosen Universitas Widya Dharma yaitu Dr. Iswan Riyadi, M.M., Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A., dan  Kabun Triyatno Pimpinan Redaksi Jawa Pos Radar Solo, serta Ketua IGI Kabupaten Klaten Dra. Endah Sulistyowati, M.Si

Peserta bimtek sangat antutias mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat pada saat kegiatan peserta secara tertib sudah masuk room meeting 15 menit sebelum acara dimulai. Pada saat sesi tanya jawab, mereka juga banyak merespon dengan menanyakan materi ataupun permasalahan yang mereka hadapi yang relevan dengan materi bimtek. Pada akhir pelatihan, untuk mendapatkan sertifikat bimtek peserta harus mengumpulkan produk yang dapat dipilih yaitu sebuah artikel ilmiah atau tulisan populer.

download materi : Klik Disini

 

Comments are closed.