VISI

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang berkarakter kuat dalam dalam bidang pendidikan, penelitian, dan praktisi bahasa, sastra, dan budaya daerah (Jawa) yang berlandaskan multikultur untuk kesejahteraan bangsa.

MISI

Untuk mewujudkan visi program studi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah menetapkan misi sebagai berikut:

  • Menanamkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyelenggarakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan sikap ilmiah dalam pendidikan bidang bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Mengembangkan bakat, minat, dan kegemaran mahasiswa untuk merebut prestasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Menempa kecakapan hidup (life skill) dalam rangka memenangi persaingan global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Mengembangkan, melestarikan, dan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal (Jawa).
TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah adalah sebagai berikut:

  • Terciptanya lulusan yang beriman dan berakhlak mulia.
  • Terciptanya lulusan yang mampu menyelenggarakan pembelajaran inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Terciptanya lulusan yang berprestasi di bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Terciptanya lulusan yang memiliki kecakapan hidup sebagai bekal memenangi persaingan global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa).
  • Terciptanya lulusan yang menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra daerah (Jawa) dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.
PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:

  1. Pendidik bahasa dan sastra Jawa
  2. Peneliti bahasa, sastra, dan budaya Jawa
  3. Praktisi bahasa, sastra, dan budaya Jawa
Profil Lulusan dan Deskripsinya dapat dijabarkan sebagai berikut :
Profil Deskripsi
a. Pendidik bahasa dan sastra Jawa Sarjana pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas, serta profesional
b. Peneliti bahasa, sastra, dan budaya Jawa Sarjana pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya Jawa, sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Jawa.
c. Praktisi bahasa, sastra, dan budaya  Jawa Sarjana pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang mampu membuat tulisan berbahasa Jawa, mampu menggunakan bahasa secara khusus misalnya menjadi pranata adicara, dan  peraga seni Jawa.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran Sikap
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara .
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Capaian Pembelajaran Pengetahuan
  • Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
  • Menguasai konsep teoritis dan mampu melakukan penelitian, serta mengaplikasikan hasil penelitian.
  • Menguasai prinsip kepemimpinan, kewirausahaan, dan etika bisnis serta dinamis dalam berwirausaha.
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan bahasa dan sastra Jawa
  • Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan, penelitian, penulisan karya tulis dan entrepreneur pendidikan bahasa dan sastra Jawa berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
  • Mengelola pembelajaran secara mandiri
  • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
  • Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research).
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  • Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.