PENDIDIKAN BAHASA merupakan Program Studi Pasca Sarjana / Magister (S-2) di Universitas Widya Dharma Klaten. Program Studi Pendidikan Bahasa mempunyai Visi, Misi dan Tujuan yang disusun dengan sangat jelas, realistik dan diturunkan dari Visi, Misi dan Tujuan Universitas Widya Dharma Klaten dengan melibatkan seluruh stakeholders.
VISI
Visi Progdi Pendidikan Bahasa adalah menjadi Program Studi yang menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang berkarakter dan berintegritas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
MISI
Misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa adalah:
  • Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Bahasa yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) untuk menghasilkan magister pendidikan bahasa yang memiliki kompetensi dan berkarakter.
  • Melaksanakan penelitian yang mendukung inovasi pendidikan dan pengajaran bahasa yang memiliki kompetensi dan berkarakter.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa yang memiliki kompetensi dan berkarakter.
TUJUAN

Menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang :

  • Memiliki penguasaan ilmu kebahasaan tingkat lanjut dan mampu mengaplikasikannya dalam pengajaran bahasa.
  • Memiliki kemampuan mendesain dan mengembangkan kurikulum, materi ajar, dan alat evaluasi, baik untuk keperluan proses pembelajaran bahasa di sekolah maupun untuk program pendidikan/pelatihan bahasa.
  • Memiliki kemampuan melaksanakan penelitian dengan berbagai pendekatan.
  • Memiliki kemampuan meneliti dengan objek pendidikan bahasa.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan hasil penelitian pendidikan bahasa.
  • Memiliki kemampuan menyebarluaskan hasil penelitian pendidikan bahasa.
PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:

  • Pendidik Madya Pendidikan Bahasa

Magister Pendidikan Bahasa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter, mampu mengembangkan  dan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pengajaran bahasa secara profesional

  • Peneliti madyaPendidikan Bahasa

Magister Pendidikan Bahasa yang  mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/ atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasikan karya inovatif dan teruji

SIKAP DAN TATA NILAI
  • Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, seta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  • Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra secara mandiri; dan
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
  • Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian bahasa dan sastra;
  • Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia;
  • Menguasai konsep pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra serta pembelajarannya; dan
  • Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya.

 

KETERAMPILAN UMUM
  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bahasa dan sastra serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentasi ilmiah tingkat nasional atau internasional;
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan bahasa dan sastra dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau rgument yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan rgument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  • Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan, bahasa, dan sastra, serta pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  • Mampu mengambil keputusan dalam kontek meyelesaikan masalah bidang bahasa dan sastra, serta pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
  • Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penetian dalan rangka menjamin kesehahihan dan mencegah plagiasi.

 

KETERAMPILAN KHUSUS
  • Terampil berbahasa secara lisan dan tulis dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
  • Mampu mengapresiasi, mengekpresi, mengreasi sastra secara lisan dan tulis, serta mendeseminasikannya;
  • Mampu mendalami bahasa dan sastra serta pembelajarannya melalui riset sebagai wujud kemampuan beradaptasi dengan lingkungan untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji;
  • Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
  • Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional;
  • Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa dan sastra serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum; dan
  • Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.