Teknik Informatika

Visi :

Menjadi Program Studi yang berkarakter dibidang pengembangan teknologi informasi untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur pada tahun 2025

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, berkualitas dan berkarakter dalam bidang teknologi informasi
  2. Menyelenggarakan dan mempublikasikan hasil penelitian yang mengarah pada perkembangan bidang teknologi informasi
  3. Menyelengggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi infomasi yang beroriantasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan stakeholder dan pihak terkait dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

 

Tujuan :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, berkualitas dan berkarakter dalam bidang teknologi informasi
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dibidang teknologi informasi dan mempublikaskan hasilnya
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempublikasikan hasilnya
  4. Menghasilkan kerjasama dengan stakeholder dan pihak terkait dilingkup regional, nasional dan internasional untuk mengembangkan kegiatan Tridharma perguruan tinggi

 

 

Profil Lulusan :

 

Profil Deskripsi
1.   Komputer Engineer. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, merancang, mengimplementasikan serta mengevaluasi rekayasa teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara kreatif, inovatif, cerdas, handal dan teruji.
2.   Programmer. Sarjana Teknik Informatika memahami dan menguasai kaidah bahasa pemograman serta  memiliki kemampuan merancang program untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang tepat guna.
3.   Network Engineer. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang, mengelola arsitektur jaringan dan keamanan jaringan.
4.   Web Master. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan dalam mendesain, merancang dan melakukan pengkodean, mengelola website serta hal-hal yang berkaitan dengan website.
5.   Konsultan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisis dan membuat formulasi penyelesaian terhadap permasalahan yang berkaitan dengan bidang komputer dan teknologi informasi
6.   Graphic Visualizer. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan dalam mendesain dan menvisualisasikan desain menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan masyarakat
7.   Tenaga Pendidik. Sarjana Teknik Informatika memiliki kemampuan managerial serta kemampuan berkomunikasi secara sistematis dan efektif untuk memfasilitasi, memotivasi dan menjadi mediator dalam  peningkatan kualitas pembelajaran di bidang komputer dan teknologi informasi.
8.   Peneliti Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sarjana Teknik informatka memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang komputer dan teknologi informasi sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

 

Capaian Pembelajaran :

  1. Capaian Pembelajaran Sikap dan Kepribadian
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap budi pekerti yang luhur.
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berperilaku etis, profesional, komunikatif dan aspiratif dalam .pencapaian hasil kerja atas pekerjaan dibidang keahliannya.
  4. Menunjukkan kepribadian yang berkarakter, pemimpin dan interpesonal yang baik.
  5. Menunjukkan kemampuan pengembangan diri dan komunikatif dalam menghadapi permasalahan di bidang komputer dan teknologi informasi dan kehidupan bermasyarakat.
  6. Menunjukkan sikap dan kemampuan berfikir kritis dan analitis dalam peran sertanya mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat.
  7. Menunjukkan kemampuan menjadi pembelajar dan tanggap terhadap isu-isu kontemporer dan teknologi baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi .
  8. Menunjukkan kemampuan kompetisi, semangat inovasi dan kreatif, mandiri serta beradaptasi dalam rangka menjalankan profesinya di masyarakat.

 

Capaian Pembelajaran Keilmuan

  1. Menguasai pengetahuan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
  2. Menguasai cara kerja komputer dan arsitektur komputer, beserta hubungan antar komponen-komponen penyusunnya.
  3. Menguasai prinsip dan kaidah bidang ilmu jaringan dan keamanan komputer, sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak, komputasi dan sistem cerdas dan multimedia
  4. Menguasai teknik, metodologi, dan piranti pengembangan sistem komputer modern yang efektif dan handal dalam suatu infrastruktur teknologi informasi.

 

Capaian Pembelajaran Keahlian

  1. Menunjukkan kemampuan dalam mengaplikasikan komputer dan teknologi informasi pada bidang  industri/bisnis/kewirausahaan secara berkesinambungan.
  2. Menunjukkan kemampuan menangkap peluang usaha, menjalin kerjasma serta bernegoisasi di bidang komputer dan  teknologi informasi pada bidang  industri/bisnis/kewirausahaan secara berkesinambungan.
  3. Menunjukkan kemampuan dalam identifikasi, analisis dan menyusun solusi terhadap permasalahan yang berkaitan dengan bidang komputer dan teknologi informasi.
  4. Menunjukkan kemampuan merancang dan mengembangkan algoritma dasar dan produk piranti berbasis digital yang kreatif, inovatif, cerdas, handal dan teruji.
  5. Menunjukkan kemampuan membangun serta menerapkan informasi dan ilmu pengetahuan dan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam bidang komputer dan teknologi informasi.
Ketua Program Studi

Kaprogdi

Istri Sulistyowati, M.Kom.

Alamat : Fakultas Ilmu Komputer, Univ. Widya Dharma Klaten

Email : istri@unwidha.ac.id

No Telp : 0272-332362 Ext. 134

Fax : (0272)323288

Dosen
  1. Mahmud Yusuf, M. Kom
  2. Fajar Budi Hartono, ST, M. Eng
  3. Istri Sulistyowati, M. Kom
  4. Muryanto, ST, MCs.
  5. Doni Setyawan, ST, MCs.
  6. Aryati Wuryandari, ST, M. Kom
  7. Heru Setiya Nugraha, M. Kom
  8. Yudi Wahyu Wibowo, ST, M. Eng
  9. Niken Retnowati, S.Si, Msc.
  10. Sya’roni, MM.