Kegiatan Pengabdian Masyarakat UNWIDHA di Bukit Sidoguro

Filed in Berita by on February 1, 2021 • views: 217

Pada tanggal 29 Januri 2021, Universitas Widya Dharma Klaten melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penanaman pohon di Bukit Sidoguro, Desa Krakitan Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini sebagai bentuk nyata Unwidha dalam pelestarian lingkungan sekaligus kemajuan pariwisata di Kabupaten Klaten.

Pengabdian masyarakat  kerjasama Unwidha Klaten dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehuatan (DLHK), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga tersebut, ditandai dengan penanaman pohon oleh jajaran Rektorat Kampus Unwidha,  kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan Indonesia Klaten, Drs Sumargono MSi, Guru Besar Universitas Gajah Mada Profesor Suratman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehuatan (DLHK),  perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga serta  segenap perwakilan civitas akademika di Unwidha Klaten.

Guru Besar Universitas Gajah Mada Prof. Suratman menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Unwidha Klaten ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak pariwisata di Kabupaten Klaten. dikarenakan Klaten diapit oleh 2 kota besar yaitu Solo dan Jogja, sehingga melalui sumber daya manusia yang dimiliki Unwidha Klaten bisa membantu pemerintah dengan menerapkan konsep virtual tourism dan digital tourism.

Wakil Rektor I Unwidha Klaten, Dr. Purwo Haryono. M.Hum mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian Universitas Widya Dharma Klaten terhadap pelestarian lingkungan hidup dan pariwisata di Kabupaten Klaten. beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilajutkan dengan tri dharma yang pertama yaitu pendidikan dan pengajaran dan yang tidak kalah penting adalah dapat digunakan sebagai ajang penelitian lapangan bagi dosen dan juga mahasiswa.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini selain dilaksanakan gerakan pelestarian lingkungan dengan menanam pohon, dilakukan juga pemasangan wastafel otomatis karya mahasiswa di wisata Bukit sidoguro tujuannya untuk mendukung penerapan physical distancing atau jaga jarak untuk mencegah penyebaran covid-19.

Comments are closed.