Klaten – Dalam rangka Dies Natalis UNWIDHA yang ke 52, UNWIDHA menggelar berbagai perlombaan, seperti lomba Stand Up Comedy UNWIDHA, Lomba Foto Spot UNWIDHA dan lomba Video Kreatif UNWIDHA. Lomba Stand Up Comedy UNWIDHA digelar pada tanggal 21 Desember 2021 di Aula Gedung Pasca Sarjana UNWIDHA.

Lomba ini diperuntukkan untuk lingkungan internal UNWIDHA yaitu para Dosen, Karyawan dan mahasiswa. Materi dan lawakan yang disampaikan pada lomba ini mengambil tema UNWIDHA milik kita bersama.

Lomba Stand Up Comedy dibuka langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. Purwo Haryono, M.Hum. Menurut beliau, Lomba Stand Up Comedy UNWIDHA merupakan salah satu ajang mempererat rasa kekeluargaan seluruh elemen internal UNWIDHA dan selain itu bisa menjadi sarana menggali bakat – bakat terpendam para Dosen, karyawan maupun mahasiswa UNWIDHA,” katanya dalam sambutan pembukaan.

Lomba Stand Up Comedy disiarkan secara langsung melalui Youtube UNWIDHA dan penentuan pemenang melalui voting secara online. Lomba Stand Up Comedy UNWIDHA diikuti oleh 4 peserta untuk kategori Dosen dan Karyawan dan diikuti 9 peserta untuk kategori Mahasiswa.

Acara tersebut mendapat respon positif dari seluruh civitas akademik UNWIDHA. Para penonton antusias melihat para peserta yang tampil. Hal ini terlihat dari ramainya peserta yang memenuhi area lomba dari awal hingga akhir lomba.

Peserta menyampaikan materi selama 5 – 10 menit dengan cara penyampaian yang unik dan kreatif, misalnya dengan memainkan beberapa alat musik seperti biola dan seruling. Setelah melalui proses penilaian secara online voting, maka didapatkan hasil juara.

Pemenang lomba Stand Up Comedy untuk kategori mahasiswa yaitu juara 1 diperoleh Novrianto Sigit Nugroho (Mahasiswa FKIP/PBSI), juara 2 diperoleh Rokhmad Ali M (Mahasiswa Fak. Teknik Sipil) dan juara 3 diperoleh Reynaldi Harfian Ardana (Mahasiswa Fak. Ilmu Komputer).

Sedangkan pemenang lomba Stand Up Comedy untuk untuk kategori Dosen dan karyawan, yaitu juara 1 diperoleh Mulyono, S.Kom (Karyawan Fak. Ilmu Komputer), juara 2 diperoleh Ir. Supratikno, MT (Dosen Fak. Teknik Sipil) dan juara 3 diperoleh Dr Sutrisno Badri (Dosen Fak. Ekonomi).

Universitas Widya Dharma dalam rangka Dies Natalis ke 52 juga menyelenggarakan lomba – lomba yang diperuntukkan umum yaitu para siswa SMA/SMK/Sederajat dan Mahasiswa.

Mahasiswa mahasiswa yang berasal diluar kampus UNWIDHA diperbolehkan untuk mengikuti perlombaan ini.  Lomba – lomba tersebut adalah lomba Foto Spot UNWIDHA dan lomba Video Kreatif UNWIDHA.

Pendaftaran, lomba dimulai dari tanggal 1 – 22 Desember 2021 dan pengumpulan hasil karya pada tanggal 25 Desember 2021. Lomba Foto Spot UNWIDHA dan Video Kreatif UNWIDHA menghadirkan 3 juri yang memang seorang praktisi dan mempunyai kompetensi dibidang tersebut.

Juri pertama adalah Teguh Santoso, seorang content creator channel Nusa Teguh, selain itu beliau juga seorang praktisi Cinematography dan Fotography. Juri yang kedua adalah Mahardika, owner dari Mahardika Motret dan juga seorang praktisi  Cinematography dan Fotography. Sedangkan juri yang ketiga pihak Universitas Widya Dharma.

Tema Lomba Foto Spot UNWIDHA adalah “Bersama Kita Bisa” dan salah satu ketentuan dalam lomba ini yaitu untuk pengambilan lokasi pemotretan wajib di lingkungan UNWIDHA. Sedangkan tema Lomba Video Kreatif UNWIDHA adalah “UNWIDHA milik kita bersama” dengan pengambilan lokasi boleh blended yakni di luar UNWIDHA maupun di UNWIDHA sendiri.

Lomba – lomba ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari berbagai pihak, terbukti dari banyaknya peserta yang mendaftar dan mayoritas pendaftar kategori mahasiswa berasal dari luar UNWIDHA. Ada yang berasal dari jakarta, purwokerto, yogyakarta, solo dan sebagainya.

Pendaftar lomba Foto Spot mencapai 100 peserta dengan kategori SMA/SMK/Sederajat 6 peserta dan 94 peserta kategori mahasiswa. Pendaftar lomba Video Kreatif mencapai 33 peserta dengan kategori SMA/SMK/Sederajat 7 peserta dan 26 peserta untuk kategori mahasiswa.

Dari hasil karya yang terkumpul dilakukan proses seleksi dan penilaian. Hasil akumulasi penilaian ketiga juri didapatkan pemenang lomba – lomba tersebut. Pemenang lomba diumumkan pada tanggal 28 Desember 2021 secara online.

Pemenang lomba Foto Spot UNWIDHA kategori SMA/SMK/Sederajat untuk juara 1 diperoleh Ihsan Abdillah (SMA Muhammadiyah 1 Klaten), juara 2 diperoleh Miftahul Nur Janah (SMK Negeri 1 Pedan) dan juara 3 diperoleh Mella Vony Pristahapsari  (SMK Muhammadiyah 2 Klaten). Pemenang lomba Foto Spot UNWIDHA kategori Mahasiswa untuk juara 1 diperoleh Chandra Yuli (Universitas Widya Dharma /Teknik Informatika), juara 2 diperoleh Elix Nurasih  (Universitas Widya Dharma / PGSD) dan juara 3 diperoleh Angger Al Kahfi  (Universitas Widya Dharma / Teknik Informatika).

Pemenang lomba Video Kreatif  UNWIDHA kategori SMA/SMK/Sederajat untuk juara 1 diperoleh Yunisa Hasna Kharisma dan team (SMA Muhammadiyah 1 Klaten), juara 2 diperoleh Maulidina Achmad (SMK Muhammadiyah 2 Klaten) dan juara 3 diperoleh Beryl Bagaskara D’fanto (SMA Batik 1 Surakarta). Pemenang lomba Video Kreatif UNWIDHA kategori Mahasiswa untuk juara 1 diperoleh Adimas Anung Anggara dan team (STIKES Muhammadiyah Klaten), juara 2 diperoleh Zakaria Johan Bachtiar (Universitas Widya Dharma / Teknik Informatika) dan juara 3 diperoleh  Novia Indah Sari dan team (Universitas Widya Dharma / Manajemen Informatika).

Peserta yang menjadi pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat dari UNWIDHA. Pemberian hadiah kepada pemenang diberikan secara langsung pada tanggal 30 Desember 2021 di Aula Lt. 4 Gedung Rektorat.  Pemberian hadiah diberikan oleh Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Dekan Fak. Ilmu Komputer serta Kaprogdi Teknik Informatika.

UNWIDHA sebagai fasilitator kompetisi berharap agar prestasi yang diraih pemenang diharapkan tidak berhenti sampai pencapaian ini.

Para pemenang  dapat melanjutkan tongkat estafet maupun mengembangkan diri dalam mengikuti kompetisi – kompetisi karena generasi yang siap andil berlomba dalam ajang kompetisi saat ini sangat dinanti kiprahnya oleh bangsa dan negara.

Rangkaian acara lomba lomba dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNWIDHA, mendapatrespon, support yang luar biasa dari berbagai elemen, baik didalam maupun diluar UNWIDHA. Hal ini membuktikan bahwa memang UNWIDHA milik kita bersama.