Subscribe via RSS Feed

Mahasiswa Unwidha Masuk PIMNAS 2019 dengan Autowals

Filed in Berita by on August 16, 2019 • views: 54

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Widya Dharma (UNWIDHA) Klaten akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019 di Universitas Udayana Bali, pada tanggal 27-31 Agustus 2019. Keberhasilan ini diraih setelah melewati serangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang penentuannya ada pada Monitoring dan Evaluasi (Monev) tanggal 27 Juni 2019 bersaing dengan para pemenang hibah Program Kreativitas Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Adalah Heru Purwanto (Teknik Elektro) sebagai ketua, Malik Riyadi (Teknik Elektro) dan Destiana Windi Widi Astuti (Teknik Sipil) sebagai anggota tim telah berhasil menciptakan alat pendeteksi banjir yang diberi nama “Autowals” (Automatisasi Water Liquid Sensor) dan memenangkan Hibah Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC). TIM yang dibimbing oleh I Wayan Angga Kusuma, ST., M.Eng. ini akan menampilkan karya ciptanya di ajang berkelas nasional yang diikuti ratusan Tim tangguh dari PTN dan PTS se-Indonesia.

Autowals bekerja secara otomatis tanpa bantuan petugas untuk mengawasi perubahan ketinggian air, dilengkapi dengan notifikasi SMS, apabila terjadi luapan air sungai. Alat ini  dapat mengirimkan broadcast SMS kepada masyarakat sekitar dan dinas terkait agar lebih mewaspadai dan bertindak lebih cepat untuk mengungsi. Alat ini sudah diuji coba di sungai Dengkeng desa Japanan kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dengan hasil beberapa kondisi yaitu kondisi Bahaya dengan ketinggian permukaan air 0,5 meter, kondisi Awas dengan ketinggian permukaan air 1,5 meter, kondisi Siaga dengan ketinggian permukaan air 2,5 meter. Selain terdapat alarm peringatan dan lampu, alat ini ditambah kamera realtime untuk mendapat hasil yang maksimal. Untuk menghemat energi, Autowals menggunakan panel surya yang ramah lingkungan dan murah dalam perawatan. Rencana kedepan Autowal akan diproduksi massal dengan menjalin kerjasama dengan pihak industri supaya dapat diterapkan di daerah-daerah rawan banjir.

Besar harapan kami atas dukungan dari berbagai pihak demi suksesnya tim PKM-KC Unwidha maju ke PIMNAS. Semoga Unwidha semakin jaya dengan lahirnya generasi-generasi anak bangsa yang mampu melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Tags:

Comments are closed.