Klaten, 27 Mei 2024 — Prestasi membanggakan diraih oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah UNWIDHA, Tegar Wisnu Gemilang, yang berhasil meraih juara dua dalam lomba nembang macapat mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan di UNS pada akhir pekan lalu. Lomba yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai universitas ini menampilkan bakat-bakat muda dalam mendendangkan tembang macapat.

Tegar, yang merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, berhasil memukau para juri dengan penampilannya yang memadukan teknik vokal yang mumpuni dan penjiwaan yang mendalam. Andi membawakan tembang Dhandhanggula Tinjomaya laras slendro pathet sanga dan tembang Pangkur Tinjomaya laras pelog pathet enem.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan juara dua dalam lomba ini. Persiapan yang matang dan dukungan dari keluarga, teman-teman, serta bapak-ibu dosen sangat membantu saya dalam mencapai prestasi ini,” ujar Tegar.

Universitas turut mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Tegar. Ini adalah bukti bahwa mahasiswa Unwidha Klaten tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga dalam bidang seni dan kreativitas. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang.

Lomba nembang macapat tingkat nasional ini merupakan acara tahunan dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS. Lomba ini juga bertujuan untuk mencari dan mengembangkan bakat-bakat muda di Indonesia. Selain itu hal ini juga merupakan upaya untuk melestarikan sastra dan budaya Jawa. Penyelenggara acara, UNS, berharap dengan adanya kompetisi seperti ini, lebih banyak talenta muda yang bisa terasah dan berprestasi di kancah nasional.

Keberhasilan Tegar dalam lomba ini tidak hanya membawa nama baik bagi dirinya, tetapi juga mengharumkan nama Universitas Widya Dharma Klaten. Tegar berencana untuk terus mengembangkan bakatnya dan berharap dapat berpartisipasi dalam kompetisi di masa depan.

Dengan prestasi ini, Tegar Wisnu Gemilang telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan semangat, prestasi gemilang dapat diraih. Semoga keberhasilan ini menjadi awal dari perjalanan panjangnya dalam dunia seni dan kebudayaan Jawa.