Klaten, 4 Agustus 2024 – Prodi Magister Pendidikan Bahasa FKIP Universitas Widya Dharma Klaten (Unwidha) menggelar Seminar Nasional dengan tema “Integrasi Teknologi Informasi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra” sebagai penutup kegiatan perkuliahan di akhir semester genap Tahun Akademik 2023/2024. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam forum ilmiah.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber utama yang berkompeten di bidangnya, yakni Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Ketua IKAPROBSI, serta Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., dosen S3 Prodi Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selain itu, terdapat tiga belas pembicara pendamping yang mempresentasikan karya mereka dalam sesi Poster Presentation. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Sorong, Mataram, Denpasar, Sulawesi, Kalimantan, Riau, Jambi, dan beberapa daerah di Jawa serta DKI Jakarta.

Acara ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Esti Ismawati, M.Pd., dosen Prodi Magister Pendidikan Bahasa FKIP Unwidha Klaten, dan dipandu oleh Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., alumni Prodi Magister Pendidikan Bahasa, sebagai pewara. Seminar ini juga merupakan bagian dari realisasi mata kuliah Praktik Kegiatan Ilmiah (PKIL) yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan mereka secara langsung.

Dekan FKIP Universitas Widya Dharma Klaten, Prof. Dr. D.B. Putut Setiyadi, M.Hum., dalam sambutannya mengapresiasi upaya Prodi Magister Pendidikan Bahasa yang rutin menyelenggarakan kegiatan ilmiah. Beliau menyebutkan beberapa kegiatan penting sebelumnya, seperti field study ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia, partisipasi dalam konferensi internasional di Thailand, dan FGD di Universitas Kebangsaan Malaysia. Kegiatan-kegiatan ini, menurutnya, sangat berharga dalam membentuk sikap ilmiah mahasiswa dan mendukung peran perguruan tinggi dalam memajukan pendidikan nasional, terutama dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Seminar ini diikuti oleh 412 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam acara ini, Dr. Hersulastuti, M.Hum., Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa, menyerahkan e-certificate kepada kedua narasumber sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka.

Beberapa tujuan utama dari seminar ini adalah untuk memahami peran teknologi informasi (TI) dalam kurikulum pendidikan bahasa, mengidentifikasi tantangan dalam integrasi TI, mencari solusi praktis, serta membagikan studi kasus dan praktik terbaik dari institusi pendidikan. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk mendorong inovasi pendidikan, sehingga para peserta dapat terinspirasi untuk menggunakan TI dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahasa dan sastra.

Dengan paparan dan diskusi interaktif dalam seminar ini, diharapkan Prodi Magister Pendidikan Bahasa FKIP Unwidha Klaten dapat mengembangkan kurikulum berbasis TI yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan mahasiswa. Presentasi poster oleh para presenter pendamping diharapkan memberikan inspirasi kepada guru, mahasiswa calon guru, dan pemerhati pendidikan bahasa dan sastra untuk mengintegrasikan TI dalam pembelajaran secara lebih efektif dan inovatif.