Subscribe via RSS Feed

Seminar Pengembangan Lembaga Perguruan Tinggi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Filed in Berita, featured, Universitas by on February 10, 2018 • views: 697

Pada tanggal 10 Februari 2018, Universitas Widya Dharma Klaten mengadakan seminar pengembangan kelembagaan peguruan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Seminar ini di hadiri oleh ketua dan pembina Yayasan Pendidikan Indonesia Klaten, rektorat, dosen dan mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten serta perwakilan dari beberapa perguruan tinggi di Klaten. Narasumber dari seminar ini adalah Dr. Muhammad Dimyati,M.Sc (Direktur Jendral Penguatan Ristek dan Pengembangan-Kemenristek Dikti), Dr. Ridwan Anzib, M.Sc (Direktur Pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi-Kemenristek Dikti) dan Prof. Dr.Suratman, M.Sc (Kepala Klinik Lingkungan Mitigasi bencana- UGM). Selain seminar, dalam kesempatan yang sama juga di laksanakan peresmian penggunaan asrama mahasiswa “WIDYA SISWA” Universitas Widya Dharma Klaten.
Dalam sambutannya sekaligus membuka seminar, rektor Universitas Widya Dharma Klaten Prof. Dr. H. Triyono M.Pd, menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para narasumber atas kesediaannya untuk berkenan hadir dan mengisi acara seminar. Beliau juga menyampaikan tentang profil Universitas Widya Dharma Klaten. Selain itu beliau juga menyampaiakan bahwa saat ini mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten berjumlah kurang lebih 3000 mahasiswa dengan 130 orang dosen semuanya telah memenuhi kualifikasi akademik minimal S-2, 14 orang bergelar Doktor, 15 orang sedang menempuh program Doktor, dan 75 orang dosen telah lulus sertifikasi dosen. Tahun 2018 Universitas Widya Dharma Klaten juga telah memiliki Pusat Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan telah berhasil mengurus 12 karya dosen telah mendapatkan Hak Paten dan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan HAM, dan pada tahun 2018 terdapat 29 judul penelitian dosen memperoleh pendanaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Widya Dharma Klaten juga menyediakan dana penelitian bagi dosen sebanyak 87 judul untuk pengabdian kepada masyarakat. Pada akhir sambutannya beliau menyampaiakan terima kasih kembali atas Kehadiran bapak Direktur Jenderal penguatan Risbang, bapak Direktur Pengembangan Kelembagaan maupun bapak Prof. Suratman, M.Sc yang harapkan bisa menjadi suntikan darah segar dalam menambah semangat dan dedikasi dalam menigkatkan kegiatan tridharma perguruan tinggi melalui capaian misi Universitas Widya Dharma Klaten yakni menjadi universitas yang berkarakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur.
Sesi pertama seminar ini di isi oleh  Dr. Ridwan Anzib, M.Sc dengan tema tata kelola kelembagaan menuju perguruan tinggi yang berkualitas dan berkelanjutan. Dalam paparannya, beliau menyampaikan pentingnya tata kelola dalam sebuah organisasi, karena sukses tidaknya sebuah tujuan dari sebuah organisan tergantung dari tata kelolanya apakah baik atau tidak. Beliau juga menyampikan bahwa terdapat perbedaan pada jenis perguruan tinggi berdasarkan jenjang masing-masing, beliau juga memaparkan kebijakan dari pemerintah pada saat ini adalah pengembangan pendidikan vokasi. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk pemenuhan tenaga ahli pada setiap bidang pekerjaan.
Pada sesi kedua, pemaparan oleh narasumber Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc, dengan tema : peran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. beliau memaparkan pentingya penerapan penelitian dalam pengambangan perguruan tinggi. Untuk itu perlu kedisiplinan dalam melaakukan penelitian selain itu juga perlu di lakukan kombinasi dan penggabungan ide dalam penelitian dalam menciptakan 1 hasil penelitian yang berguna. Hal ini menurut beliau perlu dilakukan agar penelitian yang di hasilkan bisa bermanfaat, baik bagi dosen dan perguruan tinggi maupun untuk masayarakat. Kemenristek dikti juga menawarkan beberapa topik penelitian yang berkelanjutan.
Sesi seminar ketiga, pemaparan dilakukan oleh Prof. Dr.Suratman, M.Sc, beliau mepaparkan mengenai kerjasama antara Universitas Widya Dharma Klaten dan UGM dalam melakukan tridharma perguruan tinggi di kabupaten OKU Timur. Beliau memaparkan kerjasama Universitas Widya Dharma Klaten dan UGM ini dilakukan dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi, diantaranya : (1) Penanganan masalah yang ada di kabupaten OKU Timur dan masalah lingkungan DAS, (2) Penguatan UMKM dan BUMDES, (3) Membangun kawasan Agropolitan Inovatif Berbasis Riset (Agroscience Technopark) dan (4) Kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa dengan bidang yang di tangani pemberdayaan masyarakat.

Tags:

Comments are closed.