Klaten – Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten menyelenggarakan kegiatan internasional Guest Lecture dengan tema “How to Create a Start-Up Business” pada Rabu (26/6/2024). Acara ini menghadirkan Mazhar Durrani, CEO Parallaxnet USA, sebagai narasumber. Dalam sesi tersebut, Durrani membagikan wawasannya tentang Gig Economy dan bagaimana menciptakan bisnis rintisan yang sukses.

Durrani menjelaskan bahwa Gig Economy merupakan sistem kerja yang terdiri dari tenaga kerja dengan kontrak jangka pendek atau freelancer, di mana interaksi antara pekerja dan pengusaha umumnya difasilitasi oleh teknologi. “Sistem ini merupakan kumpulan tenaga kerja yang bekerja dengan kontrak jangka pendek atau freelancer, dan biasanya antara pekerja dan pengusaha bertemu menggunakan teknologi,” katanya.

Menurut Durrani, untuk berhasil dalam bisnis rintisan, diperlukan pengembangan ide bisnis yang unik dan layak serta penelitian pasar yang mendalam. Ia menekankan pentingnya membuat rencana bisnis yang komprehensif yang mencakup visi, misi, target pasar, model pendapatan, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan dari startup tersebut.

“Yang tak kalah penting adalah membangun tim yang kuat guna menunjang kesuksesan dalam membangun bisnis startup. Kelilingi diri Anda dengan tim yang terampil dan termotivasi,” ujarnya. Durrani juga menambahkan bahwa mencapai kesuksesan membutuhkan waktu, usaha, dan kemampuan beradaptasi terhadap tantangan serta belajar dari kegagalan. “Ketika Anda jatuh, maka Anda harus bangkit lagi dan tetap semangat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Unwidha Klaten memperluas jaringan kerjasama internasional dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Parallaxnet USA. Parallaxnet adalah perusahaan teknologi berbasis di Amerika Serikat yang dikenal menjaga kualitas peserta kursusnya dengan sangat baik.

Rektor Unwidha Klaten, Prof. Dr. Triyono, M.Pd., menyatakan, “Kami telah menandatangani MoU yang menyepakati berbagai bentuk kerjasama, termasuk kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kursus-kursus yang dimiliki Parallaxnet dengan harga yang lebih terjangkau dengan diskon 85%.”

Prof Triyono juga menjelaskan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa dan masyarakat Klaten. Kursus yang ditawarkan oleh Parallaxnet diharapkan dapat meningkatkan portofolio mahasiswa saat melamar pekerjaan dan memperluas jaringan internasional antar peserta.

Dengan adanya kolaborasi ini, Unwidha dan Parallaxnet berkomitmen untuk mendukung pengembangan keterampilan dan karir mahasiswa melalui program-program berkualitas dan bersertifikat internasional.