Subscribe via RSS Feed

Visting Lecturer Mata Kuliah Pendidikan Karakter Di UNWIDHA

Filed in Berita, featured, Universitas by on November 16, 2019 • views: 98

 Pada tanggal 16 November 2019, Universitas Widya Dharma Klaten mengadakan kuliah dosen tamu (visiting lecturer) untuk mata kuliah pendidikan karakter. Kuliah dosen tamu ini diisi oleh Dr. Zuarini Jamil Osman dari Departemen Of Moral Studies, Civics And Character Building, Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia dan Dr. Triyanto, S.H, M.Hum dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pada kegiaatan ini, selain dihadiri oleh mahasiswa semester 1 dari semua program studi, hadir pula dekan dari seluruh fakultas yang ada di Unwidha. Rektor Unwidha, Prof. Dr. H. Triyono, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Dr. Zuarini Jamil Osman dan Dr.Triyanto, S.H, M.Hum, sekaligus beliau membuka pelaksaan kuliah dosen tamu pada mata kuliah pendidikan karakter. Beliau juga menyampaikan bahwa pendidkan moral dan karakter sangat penting bagi mahasiswa saat ini, dikarenakan dalam waktu 20 tahun kedepan akan menhadapi zaman yang berubah, sehingga mahasiswa dapat beradaptasi dengan perubahan zaman yang selalu berubah dan semakin canggih.

Pada pemaparannya, Dr. Zuarini Jamil Osman menyampaikan bahwa pada perkembangan zaman saat ini,  dengan kemajuan teknologi mobile maka sebuah informasi dapat dicari dengan mudah, baik itu informasi yang baik atau buruk. Beliau juga menyampiakan perlunya pendidikan karakter dalam menghadapi perubahan zaman, agar mahahsiwa dapat menjadi orang yang bertangung jawab dan bermoral.

Sedangkan Dr.Triyanto, S.H, M.Hum mnyampaikan juga bahwa perlu dilihat kembali tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara berdemokratis dan bertanggung jawab. Maka menurut beliau, tugas dalam pembangunan karakter harus menjadi tugas kita semua,  bukan hanya dosen PPKN atau Agama saja. (humas-K)

Tags:

Comments are closed.