Klaten – Universitas Widya Dharma mengadakan webinar nasional tentang content creator yang berfokus pada tema “Opportunies Animation Content Creator For Creative Generation”. Acara dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting pada hari Selasa 28 Desember 2021 pukul 10.00 – 11.30 WIB. Webinar nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis UNWIDHA ke-52 di penghujung tahun.

Sesuai dengan materi, kebutuhan akademik dan trend teknologi saat ini maka generasi kreatif terutama mahasiswa yang menjadi target dari materi webinar kali ini.

Adapun narasumber atau pembicara pada webinar ini adalah Julian Syahputra El Islami yaitu seorang praktisi sekaligus content creator animasi Sengklekman.

Webinar nasional ini diawali dengan sambutan dari Rektor UNWIDHA Prof. Dr. Triyono, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa hadirnya teknologi internet serta adanya media sosial membuka peluang kerja serta kreatifitas yang luas bagi masyarakat kreatif termasuk mahasiswa. Sehingga penggalian potensi yang mengarah pada optimalisasi media berbasis internet dalam konteks ini adalah media sosial harus terus diupayakan salah satunya melalui animation content creator.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan ke acara inti. Acara ini dimoderatori oleh  Aryati Wuryandari, ST., M.Kom, dosen Progdi Teknik Informatika UNWIDHA.

Narasumber Julian Syahputra El Islami memberikan pemaparan mengenai tema yang sudah ditentukan. Dalam pemaparannya, Creator Animasi Sengklekman ini menekankan pentingnya IP (Intellectual Property) character .

IP merupakan bentuk karya cipta seperti literatur, seni, dan desain yang digunakan untuk keperluan komersial. Pengembangan IP karakter yang ideal yaitu berfokus pada proses bisnis dan pengembangan IP charater itu sendiri. Sedangkan monetisasi IP character melalui content distribution, licensing, merchandising, dan sponsorship.

Content distribution merupakan pengenalan IP character ke masyarakat melalui beragam media seperti melalui YouTube. IP character akan sangat efektif jika dibuat menjadi terlihat menarik dan mudah diingat. Proses berpikir matang diperlukan untuk membuat IP character yang baik serta tidak hanya memperlihatkan keindahan secara langsung, tetapi juga berpengaruh pada citra perusahaan/brand terkait.

Narasumber juga menegaskan kunci pokok seorang content creator adalah rasa suka dalam melakukan sesuatu hal serta konsistensi. Pertarungan untuk kemauan serta kemalasan dalam mulai berkarya sering terjadi, khususnya bagi pemula yang mencoba untuk terjun kebidang content creator. Untuk itu perlu adanya motivasi, mental yang kuat dan ketahanan konsistensi dalam melakukan unggahan atau postingan. Selanjutnya hal lain yang perlu juga diperhatikan ketika menekuni bidang content creator ini adalah melakukan riset.

Penting untuk mengetahui profile audience, kebiasaan serta cara berpikirnya. Sebab salah satu modal penting untuk berhasil ketika membuat konten ialah orientasi terhadap audience. Dengan pemahaman yang komprehensif akan profile audience maka diharapkan konten yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan audience tersebut serta meminimalisir hambatan.

Webinar berlangsung menarik karena narasumber mampu menyampaikan materi mengenai  media sosial di depan para peserta yang jumlahnya mencapai 174 partisipan. Dalam paparanya narasumber juga tidak segan-segan memberikan  contoh nyata sehingga materi mudah dipahami. Antusiasme peserta terpresentasi dari munculnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta pada sesi tanya jawab. Sebagaian besar pertanyaan mengarah pada trik mendapatkan ide orisinil untuk konten, konsistensi dalam berkarya, upaya meningkatkan impressi dan enggament pada media sosial. Begitu banyaknya mahasiswa yang akan bertanya membuat moderator akhirnya membatasi jumlah penanya. Hal menarik dan berbeda pada webinar kali ini yakni adanya sesi give away dari UNWIDHA kepada penanya terbaik.