VISI

“Menjadi Program Studi yang Mempersiapkan Calon Guru PPKn Berkarakter Multikultural, Berwawasan Hukum, Sosial, dan Politik, serta Adaptif terhadap Tantangan Abad ke-21 untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa.”

MISI

Untuk mewujudkan visi program studi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menetapkan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran PPKn yang inovatif, berbasis teknologi, serta berorientasi pada kompetensi abad ke-21.
  • Mengembangkan penelitian di bidang hukum, sosial, dan politik yang kontekstual dan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan kewarganegaraan.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis multikulturalisme dan nilai-nilai kebangsaan untuk membangun kesadaran sosial dan tanggung jawab warga negara.
  • Membangun karakter calon guru PPKn yang profesional, inklusif, demokratis, dan menjunjung tinggi nilai keadilan serta keberagaman.
  • Menjalin kemitraan strategis dengan sekolah, pemerintah, dan lembaga sosial-politik untuk memperkuat praktik lapangan dan penyerapan lulusan.
TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan calon guru PPKn yang kompeten dalam pedagogik, substansi hukum, sosial, politik, serta memiliki karakter multikultural dan kebangsaan.
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian yang relevan dengan isu-isu kewarganegaraan, HAM, demokrasi, dan kebhinekaan.
  • Mewujudkan pengabdian masyarakat yang memberdayakan komunitas berbasis nilai-nilai Pancasila dan memperkuat toleransi.
  • Menciptakan iklim akademik yang mendukung pembelajaran aktif, kolaboratif, dan responsif terhadap perkembangan teknologi pendidikan.
  • Memperluas jejaring kerjasama dalam bidang pendidikan, hukum, dan kebijakan publik untuk mendukung pengembangan profesi lulusan.
STRATEGI
Strategi UtamaDeskripsi Implementasi
1.       Integrasi kurikulum kompetensi guru abad 21Menyusun kurikulum berbasis capaian pembelajaran (CPL), critical thinking, literasi digital, dan nilai kebhinekaan.
2.      Peningkatan kualitas dosen & kolaborasi risetWorkshop peningkatan kapasitas dosen, hibah riset, kolaborasi publikasi bidang multikultural, hukum, dan sosial-politik.
3.       Implementasi MBKM berbasis proyek sosial-politikMahasiswa magang di lembaga hukum, LSM, sekolah, dan mengikuti KKN tematik multikultural/kebhinekaan.
4.      Digitalisasi promosi prodi & penguatan relasi sekolah mitraProduksi konten digital (testimoni alumni, civic podcast), kemitraan intensif dengan guru PPKn dan kepala sekolah se-Klaten.
5.      Penguatan jejaring alumni & kemitraan institusionalPembentukan ikatan alumni dan pengembangan MoU dengan sekolah, pemerintah daerah, dan organisasi sosial.
UNIVERSITY VALUE
Nilai Institusi: LURIK
1.     L – LoyalMenumbuhkan sikap setia dan penuh pengabdian terhadap institusi, bangsa, dan masyarakat. Loyalitas diwujudkan melalui dedikasi dalam bekerja, komitmen menjaga nama baik, serta kesetiaan pada nilai luhur yang menjadi landasan pengembangan institusi.
2.     U – Unggah-ungguhMengedepankan sikap santun, hormat, dan menjunjung tinggi etika dalam pergaulan akademik maupun sosial. Nilai unggah-ungguh menjadi wujud karakter yang berakar pada budaya luhur, sehingga membentuk suasana belajar dan bekerja yang harmonis, tertib, dan penuh penghargaan.
3.     R – ReligiusMendasarkan setiap pikiran, sikap, dan tindakan pada nilai-nilai spiritual dan moral. Religiusitas tercermin dalam integrasi ilmu, iman, dan amal, serta komitmen menjaga harmoni kehidupan beragama di lingkungan institusi.
4.     I – IkhlasMenjalankan tugas dan pengabdian dengan hati yang tulus, tanpa pamrih, serta penuh rasa tanggung jawab. Nilai ikhlas menumbuhkan kejujuran, kesederhanaan, dan keteguhan hati dalam menghadapi tantangan.
5.     K – KolaboratifMembangun kerja sama yang saling menghargai, sinergis, dan produktif. Sikap kolaboratif memungkinkan terwujudnya iklim akademik yang inklusif, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan serta tantangan zaman.
PROFIL LULUSAN

S1 PPKn Unwidha berperan sebagai calon Guru profesional yang memiliki kemampuan mengaplikasikan dan memanfaatkan keilmuan, decision making, dan entrepreneurship secara prosedural dalam bidang PPKn

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI PPKn UNWIDHA
ProfilDeskripsi
1.       Pendidik PPKn yang ProfesionalMampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran PPKn berbasis nilai dasar, instrumental, dan praksis Pancasila dengan pendekatan pedagogis yang kontekstual, demokratis, dan berkarakter.
2.      Pengembang Bahan Ajar dan Kurikulum PPKnMampu menyusun dan mengembangkan bahan ajar, perangkat pembelajaran, serta desain kurikulum PPKn yang adaptif terhadap dinamika sosial-politik, IPTEK, dan nilai-nilai kebangsaan.
3.       Warga Negara yang Aktif, Kritis, dan Toleran dalam Kehidupan DemokratisMenunjukkan karakter publik dan privat yang sesuai dengan nilai praksis Pancasila serta memiliki keterampilan partisipatif dalam dinamika sosial, hukum, dan politik baik lokal maupun global.
4.      Peneliti Pemula dalam Bidang Pendidikan Kewarganegaraan dan Civic EducationMampu melakukan kajian dan penelitian pendidikan kewarganegaraan berbasis nilai, isu kontemporer, dan praktik pendidikan demokrasi secara ilmiah dan etis.
5.      Penggerak dan Konsultan Pendidikan Karakter dan Bela NegaraMampu menjadi agen perubahan sosial dengan menyelenggarakan program-program pendidikan karakter, bela negara, dan civic education di sekolah dan masyarakat.
Evaluasi Kurikulum dan Tracer Study

Tuntutan stakeholder terhadap dunia pendidikan berkembang dengan cepat dan seringkali belum sepenuhnya terantisipasi oleh kurikulum yang sedang berjalan. Untuk memahami kebutuhan tersebut, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melakukan tracer study terhadap lulusan.Hasil studi pelacakan ini memberikan gambaran mengenai:Profil lulusan PPKn dan kesesuaian kompetensi dengan dunia kerja,Kompetensi lulusan yang dibutuhkan di lapangan,Evaluasi kurikulum dan pembelajaran, sertaMasukan stakeholder untuk peningkatan kualitas lulusan.Mayoritas lulusan PPKn (sekitar 70%) bekerja sebagai guru di jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Selain berprofesi sebagai pendidik, banyak alumni juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan, bekerja di sektor swasta seperti editor buku, wiraswasta, LSM, serta bagian litbang.Berdasarkan temuan tersebut, Program Studi PPKn merumuskan profil lulusan yang tidak hanya siap menjadi pendidik profesional, tetapi juga penggerak masyarakat dan peneliti muda. Hasil tracer ini akan menjadi dasar dalam peninjauan dan pengembangan kurikulum, khususnya dengan memperhatikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) di sekolah-sekolah.

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CPL) - Program Studi PPKN (S-1)
  1. CPL-1 Capaian Pembelajaran Sikap - Multikultural

Menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, demokrasi, HAM, serta menghargai keberagaman budaya, agama, dan pandangan dalam kehidupan pribadi, akademik, dan sosial.

  1. CPL-2 Capaian Pembelajaran Sikap - Profesional & Tanggung Jawab

Bertanggung jawab, berintegritas, disiplin, serta menjunjung etika akademik dan profesionalisme sebagai calon guru PPKn.

  1. CPL-3 Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum - Berfikir Kritis Abad 21

Menerapkan pemikiran kritis, logis, kreatif, kolaboratif, dan inovatif dalam menghadapi permasalahan pembelajaran dan isu-isu kewarganegaraan sesuai tuntutan abad ke-21.

  1. CPL-4 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus – Literasi Digital & Ilmiah

Menghasilkan karya ilmiah (skripsi, artikel, laporan penelitian) yang sesuai kaidah akademik serta memanfaatkan teknologi digital untuk komunikasi ilmiah dan profesional.

  1. CPL-5 Capaian Pembelajaran Pengetahuan – Wawasan Hukum, Sosial, Politik

Menguasai teori, konsep, dan kajian PPKn, termasuk Pendidikan Pancasila, kewarganegaraan, hukum, sosial, dan politik dalam konteks nasional maupun global.

  1. CPL-6 Capaian Pembelajaran Pengetahuan – Pendidikan Abad 21

Menguasai teori pedagogik, kurikulum, model, strategi, media, serta evaluasi pembelajaran PPKn yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan abad ke-21.

  1. CPL-7 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus – Guru Multikultural

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran PPKn yang inovatif, interaktif, multikultural, serta adaptif terhadap dinamika hukum, sosial, politik, dan perkembangan global.

  1. CPL-8 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus – Pemecahan Masalah

Mampu memformulasikan solusi terhadap masalah pendidikan kewarganegaraan melalui analisis data, penelitian tindakan kelas, dan kajian ilmiah secara prosedural.

  1. CPL-9 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus – Inovasi Digital

Mampu mengembangkan bahan ajar, media, dan model pembelajaran PPKn berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  1. CPL-10 Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus – Inovasi Digital

Mampu mengembangkan bahan ajar, media, dan model pembelajaran PPKn berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.