VISI

Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dalam teknologi dan inovasi berbasis keterampilan abad 21

  • Pusat pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra yang Unggul dalam teknologi : program studi yang berfokus pada pengembangan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan memanfaatkan teknologi terkini secara optimal. Institusi ini tidak hanya mengajarkan keterampilan bahasa, tetapi juga mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan pengajaran, sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era digital. Unggul dalam teknologi juga berarti memiliki inovasi dan pemanfaatan perangkat serta metode pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dan efisien, serta didukung dengan dosen yang memiliki kompetensi dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran
  • Pusat pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Unggul dalam Inovasi : program studi yang berfokus pada pengembangan pendidikan dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan menonjolkan kemampuan berinovasi dan selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui pendekatan baru, metode kreatif, serta pemanfaatan teknologi dan gagasan segar dalam pengajaran maupun penelitian dengan bertujuan untuk melahirkan lulusan yang mampu berpikir kritis, kreatif, serta berkontribusi dalam kemajuan pendidikan dan kajian Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Berbasis Keterampilan abad 21 : program studi mempersiapkan lulusan dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia modern, terutama di era digital dan globalisasi. Keterampilan abad 21 mencakup kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, literasi digital, serta adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan perubahan sosial, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi secara global, menghadapi tantangan masa depan, dan berkontribusi dalam berbagai sektor dengan keahlian yang sesuai dengan tuntutan zaman.

    MISI

    Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten adalah:

    • Menanamkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh ketrampilan, pengetahuan, dan sikap dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur;
    • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur;

    TUJUAN

    Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten yaitu:

    • Menghasilakan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas serta memiliki keterampilan yang cakap;
    • Menciptakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas sesuai dengan kemajuan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia setrta menyebarluaskan hasil-hasilnya;
    • Menciptakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas dan bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendukung pengembangan bahasa dan sastra Indonesia;
    • Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarkat khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

    PROFIL LULUSAN
    1. Pendidik Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia.
    2. Peneliti Pemula Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
    3. Wirausahawan bidang Bahasa  Indonesia  dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.

    DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
    1. Memiliki pengetahuan kependidikan
    2. Memiliki pengetahuan kebahasaan
    3. Memiliki pengetahuan kesastraan
    4. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
    5. Memiliki keterampilan bersastra Indonesia
    6. Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
    7. Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
    8. Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
    9. Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik
    10. Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia

    CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP & TATA NILAI
    1. Tercapainya efektivitas kelembagaan dan tata kelola yang efisien;
    2. Meningkatnya kualitas calon mahasiswa;
    3. Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif;
    4. Terselenggaranya sistem pembelajaran yang sinergis antara kebutuhan internal dan tuntutan dunia kerja;
    5. Terselenggaranya pengelolaan sumber daya fisik (resources) yang efisien dan meningkatnya relevansi peranan institusi sesuai kebutuhan masyarakat;
    6. Terselenggaranya pengelolaan sumber daya manusia (dosen, tenaga kependidikan) yang efektif dan efisien;
    7. Tersedianya sumber daya yang berkualitas dan memadai dalam upaya menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat;
    8. Meningkatnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian yang melibatkan mahasiswa;
    9. Meningkatnya publikasi dan diseminasi hasil penelitian;
    10. Meningkatnya pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa;
    11. Kerjasama peningkatan kinerja SDM.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN
    1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
    2. Menguasai prinsip-prinsip Pedagogi dan psikologi pendidikan;
    3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra;
    4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAH UMUM & KHUSUS
    1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; unjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

    1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
    • Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah
    • Mampu mengapresiasi, mengekspresi, karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis
    • Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
    • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi dan
    • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.