VISI
Menjadi Program Studi yang berkarakter kuat dalam pendidikan, pengkajian, dan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk menghasilkan lulusan profesional, dan bermartabat demi terwujudnya kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur” pada tahun 2025
MISI
Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten adalah:
- Menanamkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh ketrampilan, pengetahuan, dan sikap dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur;
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan karakter untuk kesejahteraan bangsa berlandaskan multikultur;
TUJUAN
Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unwidha Klaten yaitu:
- Terciptanya Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan luas;
- Terciptanya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ynag berkualitas setrta menyebarluaskan hasil-hasilnya;
- Terciptanya kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi masyarkat khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
PROFIL LULUSAN
- Pendidik Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Peneliti Pemula Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Wirausahawan bidang Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.
DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
- Memiliki pengetahuan kependidikan
- Memiliki pengetahuan kebahasaan
- Memiliki pengetahuan kesastraan
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
- Memiliki keterampilan bersastra Indonesia
- Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran
- Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
- Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
- Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik
- Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP & TATA NILAI
- Tercapainya efektivitas kelembagaan dan tata kelola yang efisien;
- Meningkatnya kualitas calon mahasiswa;
- Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif;
- Terselenggaranya sistem pembelajaran yang sinergis antara kebutuhan internal dan tuntutan dunia kerja;
- Terselenggaranya pengelolaan sumber daya fisik (resources) yang efisien dan meningkatnya relevansi peranan institusi sesuai kebutuhan masyarakat;
- Terselenggaranya pengelolaan sumber daya manusia (dosen, tenaga kependidikan) yang efektif dan efisien;
- Tersedianya sumber daya yang berkualitas dan memadai dalam upaya menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat;
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian yang melibatkan mahasiswa;
- Meningkatnya publikasi dan diseminasi hasil penelitian;
- Meningkatnya pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa;
- Kerjasama peningkatan kinerja SDM.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN
- Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
- Menguasai prinsip-prinsip Pedagogi dan psikologi pendidikan;
- Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra;
- Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAH UMUM & KHUSUS
- Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; unjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
- Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah
- Mampu mengapresiasi, mengekspresi, karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi dan
- Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya.