
VISI
"Menjadi pusat pengembangan di bidang pendidikan bahasa untuk menghasilkan magister pendidikan bahasa yang menguasai kompetensi pedagogis, mampu melakukan penelitian inovatif, terampil menerapkan teknologi pendidikan, kreatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat”
Visi Keilmuan Magister Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) Unwidha Klaten yang telah ditetapkan di atas menerapkan prinsip imaginable, desirable, feasible, measurable and focus, flexible, and time specific
MISI
- Mengembangkan bidang pendidikan dan pengajaran bahasa yang mengutamakan penguasaan pada kompetensi pedagogis, kreatif dan inovatif, dalam suasana akademik yang dinamis serta mendorong kemandirian mahasiswa.
- Mengembangkan penelitian bidang pendidikan bahasa yang mengarah pada penemuan baru serta pengembangan di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang berdampak dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
TUJUAN
- Menghasilkan magister pendidikan bahasa yang kompeten, kreatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
- Mewujudkan hasil karya penelitian yang mendukung inovasi dan memenuhi tuntutan kemajuan pendidikan dan pengembangan pengajaran bahasa.
- Mewujudkan hasil karya pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat melalui pemberdayaan masyarakat untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa.
- Meningkatkan tata kelola Program Studi Magister Pendidikan Bahasa yang bersih,sehat, dan bermartabat.
- Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders dan pihak lain baik di tingkat nasional dan internasional untuk terselenggaranya Tridharma dalam bidang pendidikan bahasa yang berkualitas.
PROFIL LULUSAN
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut:
- Pendidik Madya Bahasa
Magister Pendidikan Bahasa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, ilmu kebahasaan teknologi pendidikan, seni, dan konsep pedagogik, berwawasan luas, kreatif serta profesional
- Peneliti Madya Pendidikan Bahasa
Magister Pendidikan Bahasa yang memiliki kemampuan dalam bidang penelitian untuk menghasilkan riset inovatif dan teruji yang bermanfaat untuk masyarakat dan perkembangan keilmuan dalam bidang pendidikan bahasa.
- Penulis Buku Referensi/ Pengembang Bahan Ajar Bidang Bahasa Dan Sastra
Magister Pendidikan Bahasa yang kompeten dalam menulis buku referensi berbasis keilmuan, dan mampu mengembangkan bahan ajar bidang bahasa dan sastra
KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
- Kemampuan mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bahasa dan sastra serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentasi ilmiah tingkat nasional atau internasional.
- Kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kehidupan profesinya ataupun dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
- Penguasaan paradigma keilmuan, hakikat pengetahuan ilmiah, sarana berpikir, serta nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan.
- Penguasaan ilmu kebahasaan tingkat lanjut dan mampu mengaplikasikannya dalam konteks keilmuan, maupun dalam kegiatan pembelajaran bahasa.
- Kemampuan memahami psikologi perkembangan sehingga mampu mengenali karakter peserta didik, memberikan layanan sesuai dengan profesinya sebagai pendidik secara profesional, dan mampu mendorong peserta didik untuk mencapai hasil belajar secara optimal.
- Kemampuan untuk melakukan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa sehingga dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa.
- Penguasaan bahasa yang baik dan benar terhadap wacana lisan maupun tertulis, sehingga mampu menganalisis mengkomunikasikan gagasan-gagasannya, khususnya dalam bidang akademik, serta dapat menjadi model bagi anak didiknya dan atau orang lain di lingkungan kerjanya.
- Kemampuan mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi program pendidikan bahasa dan mampu mengambil langkah tindak lanjut berdasarkan evaluasi tersebut.
- Penguasaan tentang wawasan kependidikan yang luas sehingga mampu menanggapi isu-isu aktual secara kritis untuk kepentingan peningkatan pembelajaran.
- Kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan terkini dalam bidang pendidikan, khususnya bidang pendidikan bahasa yang merupakan keahliannya, serta mampu mengadopsi perkembangan iptek dan seni untuk kepentingan pelaksanaan profesinya.
- Kemampuan untuk mengasah kemampuan penalaran, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam mengambil keputusan dan memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah yang dihadapi dalam praktik pembelajaran secara komprehensif.
- Kemampuan untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
KOMPETENSI PENDUKUNG
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) Unwidha Klaten adalah sebagai berikut.
- Kemampuan memahami dan beradaptasi dengan perkembangan kurikulum, memaanfaatkan beragam sumber belajar untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran bahasa dan sastra di berbagai jenjang sekolah.
- Kemampuan mengembangkan pelatihan pembelajaran inovatif dan penggunaan media interaktif untuk menunjang keberhasilan pembelajaran.
- Kemampuan manajerial untuk pengelolaan pendidikan dan sekolah.
- Kemampuan mengoperasikan program-program aplikasi komputer dan perangkat pendukung untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran agar menjadi menarik (MS-Power Point, Sway), mengolah kata (MS-Word), dan menganalisis data penelitian dengan mengunakan beragam software (minitab, SPSS).
KOMPETENSI LAINNYA
Kompetensi lainnya/ pilihan lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Unwidha Klaten adalah sebagai berikut.
- Kemampuan memahami psikologi perkembangan sehingga mampu mengenali karakter peserta didik, memberikan layanan sesuai dengan profesinya sebagai pendidik secara profesional, dan mampu mendorong peserta didik untuk mencapai hasil belajar secara optimal.
- Kemampuan mengekspresikan diri dan mengapresiasi karya sastra, seni dan budaya.
Sejak tahun akademik 2016/2017, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Unwidha Klaten menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI).
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) Unwidha Klaten ditetapkan sebagai berikut: 1. Sikap dan Tata Nilai- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, seta pendapat, atau temuan orisinal orang lain
- Memiliki kemampuan bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Mampu bersaing, berprestasi, dan beradaptasi dilingkungan pekerjaannya
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra secara mandiri, berperilaku etis dan profesional, komunikatif dan aspiratif dalam pencapaian hasil kerja pada berbagai tipe organisasi.
- Mampu bersaing, berprestasi, dan beradaptasi dilingkungan pekerjaannya.
- Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian bahasa dan sastra;
- Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra.
- Menguasai konsep teoretis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam bidang pendidikan bahasa.
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi beragam metode pembelajaran kontekstual yang berorientasi kepada kecakapan hidup.
- Menguasai konsep pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra serta pembelajarannya.
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu kependidikan.
- Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa dan sastra, dan pembelajarannya.
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bahasa dan sastra serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentasi ilmiah tingkat nasional atau internasional.
- Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan bahasa dan sastra dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau argumen yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
- Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan, bahasa, dan sastra, serta pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
- Mampu mengambil keputusan dalam konteksmeyelesaikan masalah bidang bahasa dan sastra, serta pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi.
- Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalan rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Terampil berbahasa secara lisan dan tulis dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan.
- Mampu mengapresiasi, mengekpresi, mengkreasi sastra secara lisan dan tulis, serta mendeseminasikannya.
- Mampu mendalami bahasa dan sastra serta pembelajarannya melalui riset sebagai wujud kemampuan beradaptasi dengan lingkungan untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa dan sastra serta pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian.
- Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
- Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa dan sastra serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum.
- Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.