VISI

Menjadi Program Studi yang berkarakter dengan multikultur sebagai landasan dalam pengelolaan dan penyelenggaraannya.

MISI

Untuk mewujudkan visi program studi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menetapkan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memiliki kompetensi dan berkarakter,
  • Melaksanakan penelitian yang mendukung inovasi pendidikan dan pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan masyarakat,
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan stakeholders dan pihak terkait guna terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkualitas, dan mampu bersaing dalam dunia kerja, baik di tingkat regional maupun nasional,
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan penelitian untuk mendukung terciptanya pendidikan yang berkarakter berlandaskan aspek-aspek  multikultur,
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan hasil-hasil penelitian guna pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut :

  1. Pendidik atau Guru PPKn
  2. Peneliti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Edupreneur Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Penulis Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Gambaran masing masing profil secara lengkap pada Tabel di bawah ini :
ProfilDeskripsi
a.       Pendidik PPKnSarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan ber karakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan global serta profesional.
b.      Peneliti PPKnSarjana Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang memiliki kemampuan  untuk menelitidalam bidang pembelajaran PPKn, sehingga dapat berperan aktif dalkam peningkatan kualitan pembelajaran PPKn.
c.       Edupreneur PPKnSarjana Pendidikan Pancasila yang memiliki kemampuan untuk menejerial pada bidang usaha yang terkait dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
d.      Penulis PPKnSarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu membuat tulisan, karya ilmiah dengan baik dan benar mengenai pembelajaran dan isue-isue  aktual pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
CAPAIAN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran Sikap
  • Mampu merumuskan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, dan pengembangan materi pembelajaran, serta melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.
  • Mampu mengelola proses pembelajaran yang aktif. Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi baik dengan  tenaga kependidikan, atasan, dan siswa.
  • Mampu melaksanakan interaksi akademik dengan membuka peluang komunikasi yang intensif
  • Mampu menyusun karya ilmiah beserta publikasinya baik lokal, regional,  dan internasional.
  • Mempunyai keterampilan  memecahkan masalah-masalah di bidang Hukum, Politik, dan Otonomi Daerah yang sedang berkembang di masyarakat.
  1. Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung, dan Kompetensi lain yang bersifat khusus
  • Menguasai teori, strategi, metode, dan teknik pendidikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
  • Menguasai teori dalam menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan di bidang jurnalistik.
  • Menguasai konsep tentang metode berbagai jenis penelitian dalam lingkup kualitatif dan kuantitatif.
  • Menguasai dan memahami prinsip-prinsip metodologi penelitian dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran.
  • Menguasai kaidah-kaidah hukum, norma-norma politik, serta kondisi sosial demi terwujudnya masyarakat madani.
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  • Memiliki perilaku sesuai dengan kaidah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.
  • Mampu bersaing, berprestasi,  dan beradaptasi di dunia kerja pada berbagai tingkatan.
  • Mampu bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, dan hasil karya orang lain.
  • Mampu mengadopsi dan mengadaptasi teknologi baru di bidang pendidikan
  • Mampu berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi, dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalahan di bidang pendidikan yang berkelanjutan secara sistematis dan efektif
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  • Memiliki perilaku sesuai dengan kaidah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang Undang Dasar tahun 1945.
  • Mampu bersaing, berprestasi,  dan beradaptasi di dunia kerja pada berbagai tingkatan yang selalu menerapkan nilai nilai Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  • Mampu bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, dan hasil karya orang lain.
  • Mampu mengadopsi dan mengadaptasi teknologi baru di bidang pendidikan
  • Mampu berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi, dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalahan di bidang pendidikan yang berkelanjutan secara sistematis dan efektif