VISI

“Menjadi Program Studi yang Mempersiapkan Calon Guru PPKn Berkarakter Multikultural, Berwawasan Hukum, Sosial, dan Politik, serta Adaptif terhadap Tantangan Abad ke-21 untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa.”

MISI

Untuk mewujudkan visi program studi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menetapkan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran PPKn yang inovatif, berbasis teknologi, serta berorientasi pada kompetensi abad ke-21.
  • Mengembangkan penelitian di bidang hukum, sosial, dan politik yang kontekstual dan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan kewarganegaraan.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis multikulturalisme dan nilai-nilai kebangsaan untuk membangun kesadaran sosial dan tanggung jawab warga negara.
  • Membangun karakter calon guru PPKn yang profesional, inklusif, demokratis, dan menjunjung tinggi nilai keadilan serta keberagaman.
  • Menjalin kemitraan strategis dengan sekolah, pemerintah, dan lembaga sosial-politik untuk memperkuat praktik lapangan dan penyerapan lulusan.
TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan calon guru PPKn yang kompeten dalam pedagogik, substansi hukum, sosial, politik, serta memiliki karakter multikultural dan kebangsaan.
  • Meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian yang relevan dengan isu-isu kewarganegaraan, HAM, demokrasi, dan kebhinekaan.
  • Mewujudkan pengabdian masyarakat yang memberdayakan komunitas berbasis nilai-nilai Pancasila dan memperkuat toleransi.
  • Menciptakan iklim akademik yang mendukung pembelajaran aktif, kolaboratif, dan responsif terhadap perkembangan teknologi pendidikan.
  • Memperluas jejaring kerjasama dalam bidang pendidikan, hukum, dan kebijakan publik untuk mendukung pengembangan profesi lulusan.
PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Widya Dharma Klaten adalah sebagai berikut :

  1. Pendidik atau Guru PPKn
  2. Peneliti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Edupreneur Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Penulis Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Gambaran masing masing profil secara lengkap pada Tabel di bawah ini :
ProfilDeskripsi
a.       Pendidik PPKnSarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan ber karakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan global serta profesional.
b.      Peneliti PPKnSarjana Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang memiliki kemampuan  untuk menelitidalam bidang pembelajaran PPKn, sehingga dapat berperan aktif dalkam peningkatan kualitan pembelajaran PPKn.
c.       Edupreneur PPKnSarjana Pendidikan Pancasila yang memiliki kemampuan untuk menejerial pada bidang usaha yang terkait dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
d.      Penulis PPKnSarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu membuat tulisan, karya ilmiah dengan baik dan benar mengenai pembelajaran dan isue-isue  aktual pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
CAPAIAN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran Sikap
  • Mampu merumuskan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, dan pengembangan materi pembelajaran, serta melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.
  • Mampu mengelola proses pembelajaran yang aktif. Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  • Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi baik dengan  tenaga kependidikan, atasan, dan siswa.
  • Mampu melaksanakan interaksi akademik dengan membuka peluang komunikasi yang intensif
  • Mampu menyusun karya ilmiah beserta publikasinya baik lokal, regional,  dan internasional.
  • Mempunyai keterampilan  memecahkan masalah-masalah di bidang Hukum, Politik, dan Otonomi Daerah yang sedang berkembang di masyarakat.
  1. Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung, dan Kompetensi lain yang bersifat khusus
  • Menguasai teori, strategi, metode, dan teknik pendidikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
  • Menguasai teori dalam menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan di bidang jurnalistik.
  • Menguasai konsep tentang metode berbagai jenis penelitian dalam lingkup kualitatif dan kuantitatif.
  • Menguasai dan memahami prinsip-prinsip metodologi penelitian dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran.
  • Menguasai kaidah-kaidah hukum, norma-norma politik, serta kondisi sosial demi terwujudnya masyarakat madani.
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  • Memiliki perilaku sesuai dengan kaidah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.
  • Mampu bersaing, berprestasi,  dan beradaptasi di dunia kerja pada berbagai tingkatan.
  • Mampu bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, dan hasil karya orang lain.
  • Mampu mengadopsi dan mengadaptasi teknologi baru di bidang pendidikan
  • Mampu berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi, dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalahan di bidang pendidikan yang berkelanjutan secara sistematis dan efektif
  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  • Memiliki perilaku sesuai dengan kaidah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan Undang Undang Dasar tahun 1945.
  • Mampu bersaing, berprestasi,  dan beradaptasi di dunia kerja pada berbagai tingkatan yang selalu menerapkan nilai nilai Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  • Mampu bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, dan hasil karya orang lain.
  • Mampu mengadopsi dan mengadaptasi teknologi baru di bidang pendidikan
  • Mampu berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi, dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalahan di bidang pendidikan yang berkelanjutan secara sistematis dan efektif