Klaten, 4 Agustus 2024 – Prodi Magister Pendidikan Bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten sukses menggelar Seminar Nasional bertema “Integrasi Teknologi Informasi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra”. Acara ini dilaksanakan untuk menutup kegiatan perkuliahan pada akhir semester genap Tahun Akademik 2023/2024.
Seminar yang berlangsung di Auditorium FKIP Unwidha Klaten ini menghadirkan dua narasumber utama: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra UNS sekaligus Ketua IKAPROBSI, dan Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., Dosen S3 Prodi Pendidikan Bahasa UNY. Selain itu, terdapat tiga belas pembicara pendamping yang menampilkan penelitian dalam sesi Poster Presentation, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Acara ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Esti Ismawati, M.Pd., dan dipandu oleh Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., sebagai pewara. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktik Kegiatan Ilmiah (PKIL) dan bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan serta keterampilan mereka dalam forum ilmiah.
Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unwidha, Prof. Dr. D.B. Putut Setiyadi, M.Hum., mengapresiasi program studi yang rutin menyelenggarakan kegiatan ilmiah. Ia menjelaskan bahwa kegiatan seperti field study ke perguruan tinggi di Indonesia, partisipasi dalam konferensi internasional, dan forum diskusi di luar negeri sangat penting untuk membentuk sikap ilmiah mahasiswa serta mendukung peran perguruan tinggi dalam memajukan pendidikan nasional, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra.
Seminar ini dihadiri oleh 412 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Sorong, Mataram, Denpasar, Sulawesi, Kalimantan, Riau, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, dan DKI Jakarta. Dalam acara ini, e-certificate juga diserahkan kepada narasumber oleh Dr. Hersulastuti, M.Hum., Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa.
Tujuan seminar ini mencakup pemahaman peran teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan bahasa, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam integrasi TI, serta mencari solusi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, seminar ini juga mendorong inovasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra, dengan mengedepankan keterampilan 4C (critical thinking, creative, communicative, dan collaborative).
Diharapkan, hasil diskusi dan presentasi dari seminar ini dapat menjadi acuan bagi prodi dalam merancang kurikulum berbasis TI yang up-to-date dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa, serta memberikan inspirasi bagi guru dan calon guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran mereka.