Jakarta – Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi melaksanakan sosialisasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2022 bertempat di Hotel Millenium Jakarta Pusat selama dua hari, 6 – 8 Juni 2022. Tahun ini Program PPG dirancang dengan berbagai penyelarasan yang didasarkan pada Program Transformasi Pendidikan Merdeka Belajar demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Sehubungan dengan persiapan penyelenggaraan PPG, Direktorat Pendidikan Profesi Guru menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Profesi Guru dengan mengundang Koordinator PPG dari 78 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Penyelenggara PPG.

Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipercaya Pemerintah untuk melaksanakan Program PPG, baik Pra-jabatan maupun Dalam Jabatan. Dalam kesempatan ini Unwidha Klaten diwakili oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Guru yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Purwo Haryono, M.Hum. PPG akan dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan Desember 2022 yang terbagi menjadi tiga kategori. Kategori 1 untuk mahasiswa PPG Dalam Jabatan bagi guru yang diangkat sebagai guru sampai 31 Desember 2015 sejumlah 40 ribu orang. Kategori 2 untuk mahasiswa PPG Dalam Jabatan bagi guru yang diangkat mulai 1 Januari 2016 sebanyak 36 ribu orang. Sementara, kategori 3 untuk mahasiswa PPG Prajabatan sebanyak 40 ribu orang

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa agenda, yaitu pemaparan kurikulum PPG Tahun 2022,  hasil pendataan Profil Kesiapan LPTK Penyelenggara PPG dan pelaksanaan seleksi calon mahasiswa PPG Tahun 2022. Hadir dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi PPG tersebut antara lain Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru (Temu Ismail), Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Yaswardi), Kepala Biro Hukum (Dian Wahyuni) dan Sekretaris Direktur Jenderal GTK (Nunuk Suryani).

Pada pertemuan tersebut Temu Ismail mengatakan “Melalui PPG Prajabatan menyiapkan calon guru yang profesional untuk memenuhi kualitas dan kuantitas guru di seluruh Indonesia, sudah saatnya putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Dalam pelaksanaan PPG Prajabatan 2022 telah dirancang kurikulum dan sistem rekrutmen yang dipersiapkan mengikuti kebutuhan pendidikan saat ini.  Semoga sukses PPG Prajabatan 2022, bersama-sama bergerak menuju guru profesional menuju Merdeka Belajar”.